Ketua OJK Ungkap Peran Penting ASEAN di Ekonomi Global

Ketua DK OJK, Mahendra Siregar.
Sumber :
  • Anisa Aulia/VIVA.

VIVA Bisnis – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan, ASEAN memiliki peran penting bagi ekonomi global. Bahkan, ASEAN memiliki kemampuan untuk membentuk inisiatif kebijakan seperti pembiayaan berkelanjutan guna menghadapi perubahan iklim

Harga Emas Hari Ini 25 April 2024: Produk Antam Melorot, Global Bervariasi

Ketua Dewan Komisioner OJK Mahendra Siregar mengatakan, kawasan ASEAN tercatat menjadi satu-satunya kawasan yang mampu mempertahankan pertumbuhan ekonominya pada tahun 2022.

"Kawasan kita memainkan peran penting dalam ekonomi global, dan memiliki kemampuan untuk membentuk inisiatif kebijakan di era yang berkembang pesat dan penuh tantangan seperti saat ini. Dengan posisi ASEAN yang semakin strategis yang menekankan pada peningkatan kerja sama di kawasan ASEAN, termasuk dalam  pembiayaan berkelanjutan," ujar Mahendra dalam Seminar on Financing Transition in ASEAN, Rabu, 29 Maret 2023. 

Guru dan IRT Jadi Korban Pinjol Ilegal Terbanyak, OJK: Cek Legalitas dan Logis Sebelum Pinjam

Ilustrasi Bendera Negara ASEAN.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Mahendra mengatakan, dalam hal ini, ASEAN akan memenuhi komitmennya untuk menghadapi tantangan global terbesar, yakni perubahan iklim. 

Rendahnya Literasi Keuangan Picu Meningkatnya Korban Pinjol Ilegal

"Elemen penting dari taksonomi ASEAN dan standar nasional yang kami kembangkan untuk membiayai transisi adalah pentingnya mengarahkan kebijakan kami menuju transisi bertahap. Dari bahan bakar fosil menuju semua sumber energi terbarukan, termasuk yang mungkin muncul di masa depan," jelasnya. 

Indonesia sendiri telah menetapkan tujuan ambisius untuk mengatasi perubahan iklim. Pemerintah dalam hal ini berkomitmen untuk melakukan transisi menuju energi berkelanjutan dengan ekonomi yang tetap stabil. 

"Transisi bertahap sangat penting untuk memastikan bahwa stabilitas ekonomi dan sosial tidak terganggu," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya