Bank di Negara Maju Berjatuhan, Sri Mulyani Ungkap Cara Agar RI Tak Terkejut

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.
Sumber :
  • VIVA/Anisa Aulia

VIVA Bisnis – Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) menaruh perhatian khusus atas bangkrutnya sejumlah bank di Amerika Serikat dan Eropa, salah satunya Silicon Valley Bank (SVB). Hal itu disampaikan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. 

Di Amerika Serikat, Sri Mulyani Bertemu CEO MCC Bahas Transportasi Publik di RI

Sri Mulyani mengatakan, Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) sebagai bagian dari KSSK telah melakukan pegawasan dari kejadian yang terjadi di Amerika Serikat.

"Kami berdiskusi dan tentu saja kami lakukan dan kami terus melakukan stress test. Ini adalah suatu keharusan bagi kami untuk tidak terkejut dengan potensi risiko yang mungkin timbul dari risiko atau dinamika yang sangat berbeda ini,"  ujar Sri Mulyani di BNDCC Nusa Dua, Bali, Rabu, 29 Maret 2023. 

Airlangga Tegaskan Tak Hanya Rupiah yang Melemah, Won hingga Bath Juga Ambruk

Seorang pria memasang tanda di pintu Silicon Valley Bank saat seorang penonton mengawasi di kantor pusat bank di Santa Clara, California, AS, 10 Maret 2023.

Photo :
  • Antara/Reuters/Nathan Frandino

Sri Mulyani mengatakan, stress test merupakan kalibrasi kebijakan untuk menciptakan sebuah konsolidasi. Dalam hal ini dilakukan dengan secara kredibel dan transparan.  "Sehingga kami dapat membuat bufer karena kami benar-benar tidak tahu apakah enam bulan atau 12 bulan ke depan," jelasnya. 

Fakta, Produk Tembakau yang Dipanaskan Minim Digunakan Remaja di Negara-Negara Maju

Bendahara Negara melanjutkan bahwa kebijakan fiskal memiliki peran yang penting sebagai shock absorber dan counter cyclical policy. Kendati demikian, Sri Mulyani melihat keseimbangan sektor keuangan perlu terus dipantau. Sebab, di saat krisis, pasar dan ekonomi membutuhkan jangkar kepercayaan.

"Jika ada celah koordinasi akan memperburuk krisis semacam ini. kita belajar banyak, kita tahu krisis waktu kita harus bersama," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya