Rupiah menguat Jelang Akhir Pekan, Ini Pemicunya

Uang kertas rupiah dan dolar AS.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Bisnis – Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di pasar spot menguat pada perdagangan Jumat pagi, 31 Maret 2023. Terpantau pukul 09.14 WIB rupiah menguat sebesar 64 poin atau 0,47 persen ke posisi Rp 14.983 per dolar AS, dibandingkan pada penutupan sebelumnya senilai Rp 15.047 per dolar AS.

Pemerintah Harus Antisipasi Kebijakan Ekonomi-Politik Imbas Perang Iran-Israel

Berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) terakhir atau kemarin sore, mematok rupiah di angka Rp 15.062 per dolar AS.

Analis PT Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi memperkirakan, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS akan ditutup menguat hari ini. Dia mengatakan, Bank Indonesia (BI) menilai banyak upaya yang bisa dilakukan BI dan regulator terkait untuk menurunkan laju inflasi yang saat ini berada di level 5,47 persen.

Bank Mandiri Pastikan Likuiditas Solid di Tengah Gejolak Iran-Israel

Uang dolar AS dan rupiah.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/tom.

"Sehingga untuk mengendalikan inflasi tak melulu harus menempuh jalur dengan menaikkan suku bunga acuan BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI7DRR). Ada kebijakan lain yang harus juga berperan untuk menurunkan hal tersebut," kata Ibrahim dalam risetnya Jumat, 31 Maret 2023.

OJK Beberkan Kunci Hadapi Memanasnya Dinamika Ekonomi Global

Meski demikian kata Ibrahim, kebijakan moneter Bank Indonesia akan selalu siap mendukung pemulihan ekonomi setelah pandemi COVID-19. Apalagi pada inflasi saat ini sudah lebih baik. Namun, perkirakan suku bunga masih tetap tinggi dalam tahun ini.

Uang kertas rupiah dan dolar AS.

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Ibrahim melanjutkan, pada rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia pada 15-16 Maret 2023 sebelumnya sudah memutuskan untuk mempertahankan BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI7DRR) sebesar 5,75 persen.

"Keputusan ini konsisten dengan stance kebijakan moneter yang pre-emptive dan forward looking untuk memastikan terus berlanjutnya penurunan ekspektasi inflasi dan inflasi ke depan," ujarnya.

Untuk hari ini, Ibrahim memperkirakan nilai tukar rupiah akan dibuka berfluktuatif. Namun ditutup menguat direntang Rp 15.010- Rp 15.100.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya