Pelaku Usaha Tawarkan Kotak Suara Pemilu 2024 dari Plastik, Anti Basah dan Rusak 

Ilustrasi Petugas Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) menyusun kotak suara pemilu.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas

VIVA Bisnis –  Indonesia dalam waktu dekat akan menyelengarakan Pemilu 2024. Alhasil, berbagai kesiapan dilakukan sejumlah pihak, mulai dari pendataan pemilih, surat suara, hingga kotak suara.

Dalam hal ini, kotak suara 2024 pun menjadi hal krusial. Lantaran, pengalaman di Pemilu 2019 lalu, kotak suara di sejumlah daerah basah karena terkena air hujan.

Atas kondisi ini pun, industri di wilayah Kabupaten Tangerang menyarankan, material kotak suara terbuat dari polypropylene. Di mana, material plastik ini diklaim aman untuk menjadi material utama dalam pembuatan kotak suara jelang pemilu 2024.

Presiden PKS: Kami Belum Dapat Pasangan Ajukan Hak Angket

Kotak surat suara berbahan plastik

Photo :
  • Sherly (Tangerang)

Hobi Lari, Politisi Golkar Misbakhun Capai Finis di London Marathon 2024

"Kita sempat jadi alternatif untuk pembuatan kotak pemilu di tahun 2019, karena pemilihan bahannya itu ada kardus, akrilik, dan plastik. Di tahun ini, kita kembali mengenalkan bahan atau material pada barang produksi kita, kepada pihak KPU untuk nantinya bisa menjadi alternatif yang digunakan dalam Pemilu 2024," kata Business Development Manager PT Alpha Gemilang Makmur, Tommy, Jumat, 31 Maret 2023.
MK Tolak Gugatan Ganjar-Mahfud, 3 Hakim Dissenting Opinion


Hal ini, karena material polypropylene mampu menahan air, lantaran pada bahan dasarnya merupakan bahan plastik. Kemudian anti rayap, dan bisa digunakan untuk perhelatan pesta demokrasi lainnya.

"Material kotak dan bilik suara, berbahan dasar plastik yang anti air, anti jamur, rayap dan tentunya membuat keamanan surat suara menjadi lebih terjamin. Belum lagi, bahan ini bisa tahan 9 sampai 10 tahun ke depan," ujarnya.

Pada kotak suara berbahan polypropulene ini pun, pihak KPU juga tidak perlu memakan ruang yang banyak ketika memang belum atau telah digunakan, karena kotak suara dalam produksi industri tersebut pun dapat dirakit.

"Bentuk kotak suara yang kita buat ini, bisa dirakit, jadi tidak memakan tempat juga. Dalam pembuatannya pun bisa diatur mulai dari kepadatan, hingga transparansi kotak," ungkapnya.
Cak Imin di DPP PKB usai Gelar Rapat Tertutup Tanggapi Putusan MK

Hak Angket Makin Gelap, Cak Imin Sebut PKB Berkeinginan Tetap Berjalan

Hak angket DPR RI tentang Pemilu 2024, hingga saat ini masih belum menemui titik terang. Namun, hak angket dinilai cara untuk memperbaiki pelaksanaan pemilu ke depannya.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024