Menteri Basuki: Tol Jakarta-Cikampek II Selatan Paket 3 Siap Difungsikan saat Lebaran 2023

Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan Paket 3, yang dikerjakan oleh PT Waskita Karya (Persero) Tbk.
Sumber :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya

VIVA Bisnis – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau beberapa proyek tol termasuk Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan Paket 3, yang dikerjakan oleh PT Waskita Karya (Persero) Tbk.

Mudik Lebaran 2024 Dinilai Beri Dampak Positif untuk Perekonomian Indonesia

Basuki menyampaikan, nantinya Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan Paket 3 ini, akan dibuka secara fungsional untuk jalur Lebaran 2023 pada H-10 jelang hari raya. Yakni mulai dari Simpang Susun (SS) Sadang-SS Kutanegara-Taman Mekar-Jalan Pangkalan, sepanjang 28,75 Km.

Jelang momentum Mudik Lebaran 2023 ini, Basuki memastikan bahwa Kementerian PUPR akan terus melakukan koordinasi dengan berbagai pihak, demi kesiapan dan kenyamanan pelayanan jalan nasional maupun jalan tol.

Pelita Air Klaim Tak Ada Kendala saat Angkut Penumpang Arus Balik Lebaran 2024

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono.

Photo :
  • M Yudha P / VIVA.co.id

"Serta, antisipasi peningkatan jumlah pengguna jalan menjelang Lebaran 2023," kata Basuki dalam keterangannya, Jumat, 31 Maret 2023.

Lebaran 2024, KAI Bandara Medan Mengangkut 102.502 Penumpang

Dengan hadirnya Jalan Tol Japek II Selatan Paket 3 ini, Basuki berharap nantinya ruas tersebut akan bisa mengurangi kepadatan panjang yang berada di sepanjang Jalan Tol Jakarta-Cikampek eksisting. Pembangunan konstruksi Jalan Tol Japek II Selatan itu sendiri terbagi dalam tiga paket, yaitu Paket I Jati Asih-Setu, Paket II Setu-Sukabungah, dan Paket III dari Sukabungah-Sadang.

Jalan Tol Japek II Selatan merupakan akses jalan tol yang dimulai dari Jati Asih menuju Sadang. Jalan tol ini terintegrasi dengan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) dan Jalan Tol Purbaleunyi. Nantinya, akan ada tujuh gerbang tol (GT) di jalan tol ini.

"Ketujuh GT tersebut adalah GT Jati Asih, Bantar Gebang, Setu, Sukaragam, Taman Mekar, Kutanegara, serta Sadang," kata Basuki.

Sejumlah kendaraan pemudik melintas di tol Cipali, Palimanan, Cirebon, Jabar/Ilustrasi.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Dedhez Anggara

Basuki juga berharap, dengan dibukanya secara fungsional Jalan Tol Japek II Selatan Paket 3 ini, akan bisa mempermudah masyarakat melakukan perjalanan pulang kampung saat mudik Lebaran nanti.

"Diharapkan dengan dibukanya secara fungsional ruas tol ini, bisa semakin mempersingkat waktu tempuh masyarakat saat mudik Lebaran nanti," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya