Kereta Cepat Jakarta-Bandung Diresmikan Agustus 2023, Luhut Sebut Bakal Jadi Hadiah HUT RI Ke-78

Menko Luhut meninjau proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung.
Sumber :
  • Kemenko Marves

VIVA Bisnis – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan mengungkapkan, peresmian Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) akan dilakukan pada bulan Agustus 2023. Dia memastikan, peresmian yang rencananya bakal dilakukan pada 18 Agustus 2023 itu prosesnya akan dilakukan langsung oleh Presiden Jokowi.

Proyek Kereta Cepat Dilanjutkan Sampai Surabaya, Luhut Bentuk Tim Percepatan dengan China

"Kita berharap tanggal 18 Agustus nanti Pak Presiden akan meresmikan (Kereta Cepat Jakarta-Bandung)," kata Luhut di Stasiun LRT Dukuh Atas, Jakarta, Jumat, 31 Maret 2023.

Pengiriman Electric Multiple Unit (EMU) Kereta Cepat Jakarta - Bandung batch dua menuju Depo Tegalluar, Bandung.

Photo :
  • Antara/HO-PT KCIC
Luhut Ungkap Rencana China Tanam Ratusan Hektare Padi di Kalimantan

Mengenai waktu proses uji coba (trial) KCJB, Luhut memastikan akan dilakukan pada Mei 2023 mendatang. Ketika ditanya soal alasan mundurnya jadwal peresmian KCJB yang awalnya direncanakan pada bulan Juli 2023 itu, Luhut pun membantah hal tersebut. 

"Bukan mundur (peresmiannya), tapi kita mau bikin hadiah 17-an (HUT RI ke-78)," ujar Luhut.

Erick Beberkan Alasan Stasiun Kereta Cepat Karawang Belum Beroperasi 

Mengenai berapa banyak progres dari pembangunan KCJB tersebut, Luhut menjelaskan bahwa peletakan rel kereta api terakhir Kereta Cepat Jakarta-Bandung bahkan sudah dilakukan pada Jumat (31/3) pagi tadi.

"Jadi sekarang total sudah 304 kilometer yang terpasang, karena dua rel (di) kiri-kanan, itu sudah jadi," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Risal Wasal, berharap jadwal operasional KCJB tersebut bisa benar-benar terlaksana sesuai rencana.

Meskipun belum bisa menyebut kisaran harga tiket yang bakal dikenakan untuk penumpang KCJB tersebut, namun Rizal memastikan bahwa Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan langsung dibuka untuk masyarakat umum pada 18 Agustus 2023 mendatang.

"(Tarif) kereta cepat bakal lebih mahal dibanding LRT atau nanti hanya cukup satu tiket (dengan integrasi antarmoda), itu juga masih kita kaji," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya