Wayan Koster Bertekad Angkat Derajat Arak Bali Setara Wiski dan Vodka

Arak Bali
Sumber :
  • VIVA/Maha Liarosh

VIVA Bisnis – Diplomasi Arak Bali yang dilakukan Gubernur Bali, Wayan Koster selama di Washington, D.C dan New York, Amerika Serikat mulai 14-16 Maret 2023, menggugah Millennium Challenge Corporation (MCC).

Gibran 'Terobos' Kandang Banteng, PDIP Ubah Pola Kampanye Ganjar-Mahfud di Bali

Badan yang didirikan oleh Kongres AS itu akan membantu misi Gubernur Wayan Koster meningkatkan harkat Arak Bali sebagai minuman spirit ke-7 dunia, setelah Whiskey (Wiski), Rum, Gin, Vodka, Tequila, dan Brandy.

Vice President of Compact Operations at the US MCC Cameron Alford, menjanjikan akan membantu pemasaran Arak Bali sebagai produk lokal khas Bali yang berkualitas di pasar Internasional.

Terpopuler: Israel Diseret ke Pengadilan Internasional, Ferdy Sambo Tidak Ada di Penjara

Hal itu disampaikan petinggi Millennium Challenge Corporation kepada Gubernur Bali Wayan Koster saat berkunjung ke Kantor MCC di Washington DC, Amerika Serikat.

Bantuan yang diberikan MCC kepada Arak Bali merupakan kebijakan sama yang dilakukan sebelumnya kepada minuman Rum dari Afrika.

Mantan Gubernur Bali Wayan Koster Diperiksa Polisi atas Laporan Dugaan Korupsi

Gubernur Bali Wayan Koster Bersama Vice President of US MCC Cameron Alford.

Photo :
  • VIVA/Maha Liarosh

"Harapannya akan memberikan dampak positif terhadap penguatan UMKM di Provinsi Bali maupun meningkatnya kesejahteraan petani dan perajin Arak Bali," kata Cameron Alford.

Arak Bali ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak benda Indonesia dengan Sertifikat Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor: 3031/F4/KB.09.06/2022, tertanggal 21 Oktober 2022.

Arak Bali juga didokumentasikan dan diarsipkan dalam Pusat Data Nasional Kekayaan Intelektual Komunal (KIK) Indonesia melalui Surat Pencatatan Inventarisasi Kekayaan Intelektual Komunal Pengetahuan Tradisional dari Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia Nomor: PT51202200109, tertanggal 25 Agustus 2022.

Eksistensi arak Bali juga diperingati melalui Hari Arak Bali setiap tanggal 29 Januari sesuai Keputusan Gubernur Bali Nomor 929/03-1/HK/2022.

Diplomasi Arak Bali itu dilakukan Gubernur Bali Wayan Koster saat menjadi pembicara di World Bank Group tentang transforming transportation. Di forum Internasional itu, Koster memaparkan materi filosofi Nangun Sat Kerthi Loka Bali untuk ketahanan transportasi.

Millennium Challenge Corporation (MCC) sendiri merupakan badan bantuan luar negeri bilateral Amerika Serikat yang didirikan oleh Kongres AS, yang bertujuan memperkuat kerjasama skema pendanaan terkait adaptasi perubahan iklim dan penguatan UMKM.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya