Menteri Basuki Kasih Kabar Baik, Jalan Tol Cisumdawu Dibuka 14 April 2023

Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu).
Sumber :
  • Kementerian PUPR.

VIVA Bisnis – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono mengatakan Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) akan dibuka sebelum Lebaran Hari Raya Idul Fitri 2023, yakni pada 14 April 2023. Sehingga jalan tol tersebut bisa digunakan untuk jalur mudik.

“Minggu lalu sudah saya tengok-in, mudah-mudahan tanggal 14 kita bisa open,” kata Basuki di Kompleks Istana Kepresidenan pada Selasa, 4 April 2023.

Menurut dia, jalan tol tersebut untuk tahap awal belum semua dioperasikan. Rencananya, lanjut dia, hanya akan ada dua jalur yang bisa dilewati kendaraan saat mudik nanti.

KAI Diskon Tiket 20 Persen di Promo Bursa Pariwisata, Catat Rute-rutenya

Sejumlah truk melintasi proyek pembangunan Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Rabu, 8 Mei 2019.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Anies Berkunjung ke Rumah Dinas Cak Imin: Tradisi Lebaran Kita Saling Berkumpul

“Tahap awal itu 2 lajur, jadi nanti misalnya arus mudik dari Bandung ke sana, arus balik dari sini Insya Allah bisa,” jelas dia.
Bikin Kagum, TVXQ Ucapkan Selamat Lebaran Bagi Penggemarnya di Indonesia


Sementara, Basuki mengatakan jalan tol ini sudah menghubungkan Tol Cileunyi hingga Tol Cikampek-Palimanan yang menjadi bagian jalur Pantura. “Sudah tembus dari Cileunyi sampai ke Cipali, 90 kilometer,” ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, Direktorat Jenderal Bina Marga menargetkan Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) dan Jalan Tol Jakarta Cikampek (Japek) II Selatan segmen Kutanegara-Sadang beroperasi pada Lebaran 2023.

“Cisumdawu kami harapkan lebaran tahun ini seluruh ruasnya beroperasi penuh," ujar Direktur Jenderal Bina Marga Hedy Rahadian dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu.

Dengan status tersebut dia menegaskan status Jalan Tol Jakarta Cikampek II Selatan untuk segmen Kutanegara-Sadang yang selama ini fungsional akan beroperasi penuh. “Selain itu, diharapkan juga Jalan Tol Japek II Selatan untuk segmen Kutanegara-Sadang bisa dibuka secara operasional," katanya.

Aturan Ganjil-Genap Jalan Tol

Kena Tilang Elektronik saat Perjalanan Mudik Lebaran, Ini Cara Mengurusnya

Polisi mencatat jumlah pelanggar aturan ganjil genap (gage) selama mudik lebaran cukup tinggi dan telah dikenai tilang elektronik. Bagi Anda yang kena, segera mengurusnya

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024