Modal Rp 10 Juta, Kini Omzet Bisnis Produk Personal Care Ini Capai Miliaran

Ilustrasi produk kecantikan.
Sumber :
  • Dok. Istimewa

VIVA Bisnis – Entrepreneur muda berusia 28 tahun ini rela meninggalkan kemapanan, demi mengejar cita-cita menjadi pebisnis wanita. Dia adalah founder sekaligus CEO dari perusahaan produk personal care dan wellness Beaudelab dan K-eauty, Meliani Muljoredjo.

Unilever Indonesia Cetak Laba Bersih Rp 1,4 Triliun Kuartal I-2024

Dia pun  menceritakan, perjalanan bisnis perusahaannya hingga brand tersebut memiliki omzet hingga miliaran saat ini. Kesuksesan yang ia raih tentu bukan hal mudah, karena semuanya dulu ia mulai dari nol. Apalagi dia bukan wanita yang lahir dari keluarga kaya, ayah ibunya pun hanya pendidik biasa yang berprofesi sebagai dosen. 

“Setelah lulus kuliah, saya sempat kerja dua tahun di Philip Morris Indonesia. Saat itu bisa dibilang, saya sudah memiliki kehidupan nyaman dengan gaji tinggi. Namun jauh di dalam hati, saya masih merasa ada yang kurang. Sebab sejak remaja, saya bermimpi menjadi entrepreneur,” ujar wanita lulusan Binus dengan IPK cum laude itu, dikutip dari keterangannya, Rabu, 5 April 2023.

Terungkap, Wanita Open BO Ditemukan Tewas di Pulau Pari Dibunuh di Bekasi

Ilustrasi pengusaha muda.

Photo :
  • Pengusaha

Pada 2019, Meli pun memutuskan resign untuk kemudian merantau ke Bali guna mengejar mimpi. Di mulai dari sebuah ruangan kecil, dengan modal uang tabungan Rp 10 juta, wanita itu pun mulai membangun bisnisnya. 

Mooryati Soedibyo Meninggal Dunia, Intip Perjalanan Bisnis Mustika Ratu

Karena semenjak 16 tahun, sudah terbiasa berjualan online menjadi reseller berbagai produk impor, Meli memutuskan mengawali usahanya dengan membuat online shop produk pemutih gigi. Alasan ini tepat, sebab saat itu industri minuman kopi sedang laris manis sehingga akan ada makin orang, berpotensi memiliki gigi agak kekuningan. 

“Saat itu, produk pemutih gigi belum booming. Jadi bisa dibilang, kami pionernya di Indonesia. Dan ini adalah peluang bisnis yang bagus. Karena buat saya, pintar melihat celah bisnis adalah kunci,” ujar wanita yang kini memimpin dua perusahaan dari Bali dan Jakarta itu. 

Dalam jangka waktu dua tahun produk personal care milik Meli tumbuh pesat, bahkan saat COVID-19 melanda omzetnya meroket. Dengan bantuan endorse dari artis ternama dan influencer, saat ini Beaudelab diakui sebagai salah satu produk terlaris di platform jual beli online.

Sementara itu, bermunculannya kompetitor baru di ranah produk yang sama, tidak lantas membuat wanita itu khawatir. Yang justru membuatnya resah, adalah hadirnya produk serupa, yang menggunakan bahan tertentu yang tidak disarankan BPOM.

Meliani Muljoredjo.

Photo :
  • Dokumentasi Beaudelab.

“Jika dibiarkan, bisa merusak citra produk personal care secara umum. Oleh sebab itu, kami di Beaudelab mengantongi izin BPOM untuk semua produk kita, demi menjaga kualitas dan kepercayaan publik. Dan untuk memperkuat divisi R&D, kami bekerjasama dengan ahli kecantikan dalam dan luar negeri,” jelas pengusaha muda itu. 

Di sisi brand, untuk membuat produknya selalu dekat dengan konsumen, Beaudelab sering membuat marketing campaign yang menarik perhatian publik. Yang terbaru, mereka merilis marketing campaign bagi-bagi THR yang dimulai sejak 1-10 April 2023 di Ramadhan tahun ini.

Kini, setiap harinya perusahaan Meli mampu mengirim ribuan paket pesanan ke seluruh Indonesia. Meski saat ini target Beaudelab ingin merebut posisi utama di level nasional, namun ke depannya, bukan sebuah kemustahilan jika mimpi CEO muda itu naik merambah kelas dunia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya