Tarif Tol Jakarta-Cikampek Didiskon 20 Persen saat Arus Mudik, Catat Waktunya

Jasa Marga catat 84 ribu kendaraan keluar Jabodetabek
Sumber :
  • Jasa Marga

VIVA Bisnis – Jelang mudik lebaran tahun 2023, pemerintah memberikan diskon tarif tol sebesar 20 persen untuk masyarakat, khusus di beberapa ruas tol yan dikelola PT Jasa Marga (Persero). Diskon tersebut diberikan hanya pada waktu tertentu dan untuk semua golongan kendaraan.

Penyewaan Kendaraan Listrik Laris Manis, Total Aset TBS Energi Utama 2023 Naik 5,4 Persen

Direktur Operasi PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Fitri Wiyanti mengatakan pihaknya bakal memberikan diskon sebesar 20 persen di waktu tertentu. Yaitu pada tanggal 16 dan 17 April 2023 untuk arus mudik dan 27 dan 28 April 2023 untuk arus balik.

"Khusus untuk ruas yang dikelola Jasa Marga diskon 20% itu akan diterapkan pada saat mudik tanggal 16 dan 17 April mulai dari jam 6 pagi. Kemudian untuk arus balik akan dilaksanakan tanggal 27 dan 28 April dengan besaran diskon sebesar 20%," kata Fitri saat konferensi pers secara virtual, Kamis 13 April 2023.

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

Situasi arus mudik lebaran H-1 lebaran di Pintu Tol Cikampek Utama

Photo :
  • Jasa Marga

Diskon tersebut diberikan Jasa Marga kepada semua golongan kendaraan. Berikut daftarnya : 

C3 Aircross Dijual Murah, Citroen Tak Berminat Pasang Target Penjualan

1. Untuk Golongan I : Sedan, Mobil Jip, Mobil Pick Up atau truk kecil dan bus yang semula tarifnya Rp 20.000 menjadi Rp 16.000

2. Untuk golongan II dan III : Truk besar dengan dua dan tiga gandar, yang semula tarifnya Rp 30.000 menjadi Rp 24.000

3. Untuk golongan IV dan V : Truk besar dengan empat dan lima gandar, yang semula tarifnya Rp 40.000 menjadi Rp 32.000.

"Untuk golongan I tarifnya 20 ribu menjadi 16 ribu. Begitu juga dengan golongan II dan III, dari semula 30 ribu menjadi 24 ribu. Kemudian golongan IV dan golongan V dari semula 40 ribu menjadi 32 ribu," tutur Fitri. 

Sebagai informasi, PT Jasa Marga (Persero) Tbk, sebagai salah satu perusahaan jasa tol di Indonesia, memberikan diskon sebesar 20 persen untuk tarif terjauh Jalan Tol Jakarta-Cikampek bagi pemudik yang ingin menggunakan jalan tol dalam perjalanan mudik mereka.

Direktur Utama Jasa Marga, Subakti Syukur, menjelaskan bahwa pemberlakuan diskon tarif tol bertujuan untuk memaksimalkan distribusi lalu lintas serta memberikan pelayanan dan apresiasi bagi pengguna jalan tol.

Potongan harga tersebut hanya berlaku di Gerbang Tol Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek, serta Gerbang Tol Kalihurip Utama Jalan Tol Cipularang.

Namun, Subakti menekankan bahwa diskon tidak diberikan pada waktu-waktu tertentu yang diprediksi menjadi puncak arus mudik dan arus balik.

“Tujuannya mencegah penumpukan kendaraan di jalur tol, serta memastikan lalu lintas bisa terdistribusi dengan baik,” ujarnya melalui keterangan resmi, dikutip Kamis 6 April 2023.

Jasa Marga memprediksi bahwa puncak arus mudik di Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Km 66) akan terjadi pada H-3 atau pada Rabu, 19 April 2023, dan puncak arus balik terjadi pada H+2 atau pada Selasa, 25 April 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya