Pelni Siap Angkut 1.128 Penumpang Mudik Gratis BUMN

Kapal Pelni. (ilustrasi)
Sumber :
  • Dokumentasi Kemenhub.

VIVA Bisnis – PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) telah memberangkatkan secara gratis 150 pemudik tujuan Jakarta-Batam, dari Terminal Penumpang Nusantara, Pelabuhan Tanjung Priok, dengan menggunakan KM Dorolonda. Itu dari total 1.128 kuota mudik gratis yang akan diberangkatkan.

Arus Mudik di Aceh Diprediksi Meningkat 9 Persen pada 2024

Vice President Treasury Pelni, Fauziah Verryna mengatakan, kegiatan mudik bersama BUMN ini, merupakan hasil kolaborasi pihaknya dengan empat perusahaan BUMN lain. Yakni PT Pelabuhan Indonesia (Persero), PT Telkomsel, PT PLN (Persero), dan PT Angkasa Pura I.

"Sebagai BUMN transportasi laut, kami merasa bangga diberikan kepercayaan untuk dapat melayani masyarakat melalui Mudik Gratis BUMN ini," kata Fauziah dalam keterangannya, Senin, 17 April 2023.

Mudik Pakai Mobil Listrik, Perhatikan Suhu Cuaca dan Ban

Kapal PELNI bersandar (Ilustrasi)

Photo :
  • PT PELNI

Dia pun merinci, tahun ini kuota yang tersedia sebanyak 1.128 penumpang, menggunakan kapal Pelni yang diikuti oleh empat perusahaan yakni Pelindo, Pelni, PLN Makassar, dan Angkasa Pura I.

Jokowi Imbau Warga Mudik Lebih Awal, Jumlahnya Naik 56 Persen

Kemudian, untuk melayani angkutan Lebaran tahun ini, Pelni mengoperasikan sebanyak 26 kapal penumpang dan 42 kapal perintis, yang telah dilengkapi dengan alat-alat keselamatan yang memadai.

Selain itu, tersedia juga berbagai fasilitas umum yang dapat dinikmati para penumpang selama perjalanan, seperti tempat ibadah (mushola), toko kapal, cafetaria, hingga poliklinik beserta seluruh kru kapal yang juga standby 24 jam.

"Kami berharap dapat memberikan pengalaman yang baik bagi para pemudik. Mereka pun dapat pulang kampung halaman dengan aman dan nyaman," ujarnya.

Sebagai informasi, sebanyak 1.128 penumpang tersebut akan dilayani oleh 6 armada kapal yang tersebar ke berbagai rute, antara lain yakni:

1. KM Ciremai, rute Tanjung Priok-Sorong dan Tanjung Priok-Ambon

2. KM Kelimutu, rute Kumai-Surabaya dan Kumai-Semarang

3. KM Tidar, rute Makassar-Namlea dan Makassar-Ambon

4. KM Kelud, rute Batam-Belawan

5. KM Dorolonda, rute Tanjung Priok-Batam dan Makassar-Surabaya

6. KM Lambelu, rute Makassar-Bau Bau.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya