Penumpang Pesawat Meroket saat Mudik Lebaran 2023, Menhub Klaim Harga Tiket Dalam Batas Wajar

Menhub Budi Karya Sumadi.
Sumber :
  • Dok. Kemenhub

VIVA Bisnis – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan, jumlah pergerakan penumpang di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, pada masa arus mudik Lebaran tahun ini, meningkat signifikan hingga 25 persen dibandingkan tahun 2022 lalu.

Kemenhub Pangkas Jumlah Bandara Internasional RI Jadi 17, Simak Daftarnya

Dia mengatakan, hal tersebut antara lain didukung oleh kebijakan memajukan libur cuti bersama, sehingga waktu arus mudik menjadi lebih panjang.

"Jadi meski lonjakan penumpang tinggi dengan tingkat okupansi 90 persen lebih, tapi bisa tertangani dengan baik. On Time Performance (OTP) atau ketepatan waktu juga terjaga dengan baik," kata Menhub dalam keterangannya, Selasa, 25 April 2023.

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

Menhub Budi Karya Sumadi.

Photo :
  • M Yudha P / VIVA.co.id

Menhub juga mengungkapkan, harga tiket pesawat selama arus mudik masih dalam batas wajar, dan tidak melebih tarif batas atas yang telah ditentukan. Dia pun berterima kasih kepada pengelola bandara, yang telah mengelola lonjakan penumpang pesawat dengan baik.

DPR Tolak Iuran Pariwisata Dibebankan ke Industri Penerbangan, Tiket Pesawat Bisa Makin Mahal

"Serta pihak maskapai penerbangan yang telah kooperatif menjaga tarif sesuai anjuran pemerintah," ujar Menhub.

Lebih lanjut, Menhub mengatakan bahwa peningkatan pergerakan penumpang dan pesawat pada arus mudik tahun ini, menjadi kabar baik bagi kebangkitan industri penerbangan nasional. Khususnya setelah sempat terdampak pandemi COVID-19 dalam beberapa tahun terakhir. 

"Walaupun belum sama dengan tahun 2019, tetapi secara ekonomi sudah terjadi pergerakan yang memberikan manfaat bagi operator bandara dan maskapai. Ini berita baik buat kita," ujarnya.

Menghadapi lonjakan arus balik, Menhub meminta seluruh pemangku kepentingan sektor penerbangan dapat terus melanjutkan kinerja baik yang telah ditunjukkan pada arus mudik.

"Saya juga mengingatkan operator penerbangan untuk tetap mengedepankan aspek keselamatan, di tengah naiknya pergerakan penumpang tersebut," ujarnya.

Ilustrasi maskapai penerbangan

Photo :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya

Diketahui, berdasarkan data Angkasa pura II selaku pengelola Bandara Soekarno Hatta, tak hanya jumlah penumpang yang meningkat, jumlah pergerakan pesawat juga mengalami peningkatan 5 persen dibanding tahun 2022 lalu.

Adapun jumlah penerbangan pesawat ada hari puncak arus mudik (19-21 April 2023) mencapai di atas 1.000 penerbangan per hari. Sebelum pandemi, Bandara Soekarno Hatta rata-rata melayani 1.200 penerbangan setiap harinya. Adapun di tengah pandemi pada 2022 dan awal 2023, jumlah penerbangan pada hari-hari biasa berkisar 800 - 900 penerbangan per hari.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya