Penumpang Arus Balik Mudik KAI Capai 1,3 juta Tiket

Mudik Kereta Api, Puncak Arus Mudik 2023
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Bisnis – PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat, berdasarkan pantauan data Kamis 27 April 2023, tiket Kereta Api Jarak Jauh yang telah terjual di periode arus balik pada 24 April-3 Mei 2023 mencapai sebanyak 1.337.539 tiket atau rata-rata 133.754 tiket per hari.

Penjelasan Kadispenal soal Anggota TNI AL Bentrok Dengan Brimob di Pelabuhan Sorong

"Jumlah tersebut masih akan bertambah, karena penjualan masih terus berlangsung," kata Vice President Public Relations KAI, Joni Martinus, dalam keterangannya, Jumat, 28 April 2023.

Dia menjelaskan, pada periode mudik di 12-21 April 2023, terdapat 1.282.929 pelanggan KA Jarak Jauh atau rata-rata 128.293 pelanggan per hari. Banyaknya tiket yang terjual pada periode pascalebaran menurut Joni dikarenakan para pelanggan tidak hanya melakukan perjalanan balik, namun juga terdapat pelanggan yang baru mudik.

Dibintangi Aghniny Haque dan Bio One, Film Kereta Sajikan Cerita Menyentuh dan Gak Bosenin

PT KAI.

Photo :
  • Dokumentasi PT KAI.

"Pada arus balik, KAI membuka subkelas tarif rendah yakni subkelas H, I, dan J pada kelas eksekutif hingga 3 Mei 2023, dimana subkelas tersebut biasa KAI jual pada low season," ujarnya.

Habis Lebaran Kolesterol Meningkat? Pangkas dengan 6 Sayuran Ini

Jika dibandingkan dengan tarif batas atas, lanjut Joni, maka subkelas tersebut bisa lebih murah 20-30 persen. Pembukaan penjualan tiket subkelas dengan tarif rendah pada arus balik ini, juga mendukung imbauan pemerintah agar masyarakat tidak terfokus melakukan perjalanan balik pada 24 dan 25 April saja.

Sementara pada Lebaran hari pertama dan kedua atau 22 dan 23 April 2023, volume pelanggan juga tetap tinggi. Rinciannya, hari pertama Lebaran sebanyak 138.015 pelanggan dan hari kedua Lebaran terdapat 180.756 pelanggan.

Banyaknya pelanggan pada hari pertama dan kedua Lebaran dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti pelanggan yang berwisata di hari-H Lebaran serta adanya cuti bersama yang panjang, sehingga pelanggan memiliki kesempatan yang luas untuk mudik saat Lebaran.

Sampai dengan pantauan kondisi tiket pada hari Kamis (27/4) kemarin, lanjut Joni, jumlah tiket KA dari arah Jakarta ke sejumlah kota di Pulau Jawa masih banyak tersedia.

"KAI berkomitmen mengantarkan pelanggan khususnya di periode Angkutan Lebaran ini dengan pelayanan optimal sehingga perjalanan kereta api tetap aman dan berkesan," ujarnya.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya