May Day, Menaker Ida Fauziyah Wanti-wanti Buruh Dihantui Tantangan Ini

Menaker Ida Fauziyah.
Sumber :
  • Anisa Aulia/VIVA.

VIVA Bisnis – Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah menyatakan, tantangan dunia kerja ke depan, khususnya pada era industri 4.0 semakin berat. Hal itu sejalan hilangnya beberapa jenis pekerjaan.

Kunjungan ke Jepang, Sekjen Kemnaker Terus Berupaya Tingkatkan Kerja Sama Pengembangan SDM

Hal itu dikatakan Menaker Ida dalam Puncak Perayaan Hari Buruh Internasional dengan Tema ‘Merajut Kebersamaan di Hari yang Fitri’. 

"Tantangan dunia ketenagakerjaan di era industri 4.0 semakin berat. Industri 4.0 telah membuka peluang terciptanya profesi baru, sementara banyak profesi lama mulai tergerus," kata Ida dalam telekonferensi Senin, 1 Mei 2023.

Diskriminasi Terhadap Perempuan Dalam Pekerjaan Kian Parah di Tiongkok

Ida mengatakan, saat ini juga telah terjadi beberapa perubahan di bidang ketenagakerjaan. Seperti, jenis pekerjaan, karakter pekerjaan, hingga kemampuan atau skill.

Aksi Buruh Peringati May Day 2023

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Kemenkominfo Mengadakan Kegiatan Talkshow "Etika Pelajar di Dunia Digital"

"Terjadi perubahan besar pada jenis pekerjaan, karakter pekerjaan, maupun skill yang dibutuhkan dunia usaha di era transformasi digital ini," ujarnya.

Maka dengan itu jelasnya, situasi tersebut menuntut para pekerja untuk mengubah dan melakukan penyesuaian pada pola kerja.

Menaker Minta Pekerja Migran Jadi Duta Penempatan secara Prosedural

Photo :

"Pengelolaan usaha dari tradisional menjadi digital, sebagai solusi untuk mempertahankan keberlangsungan usaha," jelasnya.

Selain itu ujar Ida, juga diperlukan soliditas antara semua pihak. Hal itu di antaranya, organisasi pekerja, organisasi pengusaha, hingga Pemerintah.

"Karena itu saya meyakini lewat kekompakan dan soliditas ini tantangan-tantangan di bidang ketenagakerjaan kita bisa lalui bersama-sama," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya