Tingkat Hunian Kamar Hotel Bulan Maret Turun, Rapat Pemerintah Masih Mendominasi

Ilustrasi kamar hotel.
Sumber :
  • Ist.

VIVA Bisnis – Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, Tingkat Penghunian Kamar (TPK) di hotel berbintang pada Maret 2023 turun 1,57 persen poin dibandingkan Februari 2023. Sedangkan secara tahunan atau year on year (yoy) tercatat naik 1,11 persen poin.

Banyak Pasien Berobat ke Luar Negeri, Rumah Sakit di Indonesia Kini Dibuat Layaknya Hotel Bintang 5

"Tingkat penghunian kamar Maret 2023 mencapai 46,26 persen turun 1,57 persen poin kalau dibandingkan Februari 2023," ujar Kepala BPS Margo Yuwono dalam konferensi pers Selasa, 2 Mei 2023.

Kepala BPS Margo Yuwono.

Photo :
  • VIVA/Anisa Aulia
Hard Gumay Ramal Kasus Hukum Chandrika Chika, Warganet: Gila, Ilmunya Dalem Banget

Margo menjelaskan, untuk TPK hotel dengan klasifikasi bintang tertinggi tercatat di Kalimantan Timur sebesar 57,44 persen. "Kenaikan ini didorong karena adanya kenaikan aktivitas Pemerintah melakukan aktivitas rapat dan sebagainya," jelasnya.

Selain itu, kata Margo, kenaikan TPK juga dipicu karena adanya mobilitas orang dari luar kota maupun provinsi. Di mana kota utama kunjungan yakni Balikpapan, Samarinda, dan Penajam Paser Utara.

Usai Jadi Tersangka Kasus Narkoba, Chandrika Chika Ternyata Positif Metafetamin Juga

Kendati demikian, Margo menekankan bahwa TPK non bintang Maret 2023 mencapai 21,26 persen atau turun 0,80 poin secara tahunan dan 1,41 poin secara mtm.

Menurutnya, untuk rata-rata lama menginap tamu di hotel klasifikasi hotel berbintang yakni selama 1,67 hari atau naik 0,04 poin dibandingkan bulan sebelumnya.

"Dan kalau dibandingkan tahun sebelumnya ada kenaikan 0,05 poin," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya