IHSG Dibayangi Data Penjualan Eceran, Ini Rekomendasi Sahamnya

Karyawan mengamati layar yang menampilkan informasi pergerakan IHSG di gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Jumat (26/6/2020). (Foto ilustrasi)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

VIVA Bisnis  – Indeks harga saham gabungan atau IHSG melemah 4 poin atau 0,07 persen di level 6.807, pada pembukaan perdagangan Kamis, 11 Mei 2023.

Harga Eceran Tertinggi Beras Medium Dinaikkan Meski Panen Raya, Ini Rinciannya Per Wilayah

Financial Expert Ajaib Sekuritas, Ratih Mustikoningsih, memprediksi bahwa IHSG bakal bergerak mixed pada perdagangan hari ini.

"Hari ini IHSG diprediksi bergerak mixed," kata Ratih dalam riset hariannya, Kamis, 11 Mei 2023.

Cocok untuk Content Creator, Aset Kripto Ini Resmi Diperdagangkan di Indonesia

Sentimen yang memengaruhi pergerakan IHSG hari ini yakni dari dalam negeri, Bank Indonesia (BI) melaporkan hasil survei Penjualan Eceran pada Maret 2023, yang tercatat sebesar 215,3.

Ilustrasi papan saham IHSG.

Photo :
  • VIVA/Muhamad Solihin
United Tractors Tebar Dividen hingga Total Rp 8,2 Triliun

"Secara periode tahunan meningkat 4,9 persen secara year-on-year (yoy), tumbuh dibanding periode sebelumnya yang tercatat 0,6 persen (yoy)," ujar Ratih.

Peningkatan tersebut dipicu oleh kelompok makanan yang tumbuh 9,4 persen (yoy), minuman yang tumbuh 1,1 persen (yoy), dan barang budaya dan rekreasi tumbuh 17,3 persen (yoy). Hal tersebut mengindikasikan bahwa kinerja penjualan eceran pada Maret 2023 berada pada fase ekspansi.

Ilustrasi IHSG.

Photo :
  • VIVA/Muhamad Solihin

"IHSG diprediksi bergerak mixed dalam level 6.760-6.825," ujarnya.

Selain itu, Dia juga memberikan sejumlah rekomendasi mengenai saham-saham yang dapat dicermati pada perdagangan hari ini, di antaranya yakni ADRO, ARTO, EXCL.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya