Mejeng di KTT ASEAN, Produk UMKM RI Ditegaskan Siap Ekspor

Produk UMKM di Hub SMEs KTT ASEAN.
Sumber :
  • Dokumentasi Peruri.

VIVA Bisnis – Rumah BUMN bantu memperkenalkan UMKM Indonesia ke dunia internasional dengan membentuk Small and Medium Enterprises (SMEs) HUB. SMEs HUB berada di Kawasan Waterfront Marina dan merupakan rangkaian Side Event KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo yang ditujukan untuk para delegasi negara ASEAN dan masyarakat umum sekitar. 

Stafsus Bantah Erick Thohir Perintahkan BUMN Borong Dolar AS, Ini Penjelasannya

Dalam kesempatan itu, Peruri turut mempromosikan UMKM Binaannya unjuk gigi dalam gelaran internasional bergengsi di Asia Tenggara tersebut. Pada acara ini Peruri membawa 4 UMKM Binaan yang bergerak di bidang food and beverages di antaranya Salaku, Dapoer Bintang Jaya, Maemkoe dan Dapoer Kia.

“Melalui pembinaan yang selama ini kami jalankan, saya rasa produk UMKM kami sudah siap untuk ekspor. Kemasannya menarik, produknya juga memiliki kualitas dan cita rasa yang baik,” kata Ratih Sukma, Kepala Biro Strategic Corporate Branding dan TJSL Peruri, dikutip dari keterangannya, Jumat, 12 Mei 2023.

Erick Thohir: Arahan Saya ke BUMN Beli Dolar Secara Optimal, Terukur, dan Sesuai Kebutuhan

SMEs HUB.

Photo :
  • Dokumentasi Peruri.

Seperti diketahui, Kementerian BUMN memiliki komitmen yang kuat untuk memajukan UMKM Indonesia sebagai ujung tombak pondasi perekonomian negara. Salah satu bentuk perluasan yang difasilitasi Kementerian BUMN untuk mendukung UMKM Binaan Perusahaan BUMN ialah dengan membuat e-katalog dan aplikasi PaDi BUMN untuk memudahkan transaksi di dunia digital.

Riset: Kebiasaan Belanja Orang Indonesia, Bandingin Harga di Situs Online dan Toko Offline

“Melalui SMEs HUB, harapannya produk-produk UMKM dapat dikenal oleh para delegasi dari negara-negara di Asia Tenggara,” tambah Ratih.

Sebagai mitra binaan yang diajak Peruri hadir dalam SMEs HUB di Labuan Bajo, Ida Farida mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bagus untuk membantu mengenalkan produk-produk UMKM di dunia internasional.

“Mudah-mudahan kami selalu diberi kesempatan dalam kegiatan promosi seperti ini. Apalagi ini juga tamu-tamunya dari luar negeri, kita bisa tunjukkan bahwa produk UMKM Indonesia punya kualitas yang baik,” kata Ida.

SMEs HUB melibatkan 50 pelaku UMKM setelah melewati proses kurasi yang sangat ketat. 10 di antaranya merupakan UMKM lokal dan sisanya adalah UMKM binaan dari Rumah BUMN dan kementerian lainnya. Booth UMKM di SMEs HUB menjual berbagai macam produk produk lokal mulai dari makanan dan minuman khas, kain tenun, kerajinan tangan etnik dan lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya