Zulhas Sebut Potensi Perdagangan RI-Mesir Capai USD 3 Miliar

Mendag Zulhas hadiri penandatanganan MoU Joint Trade Commitee RI-Mesir
Sumber :
  • Dok. Istimewa

VIVA Bisnis – Menteri Perdagangan (Mendag) RI, Zulkifli Hasan menghadiri acara Forum Bisnis Indonesia-Mesir yang berlangsung di Kairo, Mesir, Minggu, 14 Mei 2023. Dalam kesempatan itu, Zulhas menerangkan, total perdagangan Indonesia-Mesir selama tahun 2022 mencapai USD 1,57 miliar. 

Cocok untuk Content Creator, Aset Kripto Ini Resmi Diperdagangkan di Indonesia

Kemudian, pada periode Januari – Maret 2023 telah mencapai USD 432,8 juta. Ketua Umum PAN ini mengatakan, dalam 5 tahun kedepan, perdagangan Indonesia-Mesir mampu meningkat tajam.

“Dalam kurun waktu lima tahun terakhir, trend perdagangan kedua negara menunjukkan trend positif 11,21%. Dengan tren perdagangan itu diharapkan dalam 5 tahun mendatang total perdagangan Indonesia – Mesir bisa mencapai USD 3 miliar,” kata Zulhas, dalam keterangannya Minggu 14 Mei 2023.

Mendag Sebut Revisi Kebijakan Impor Rampung Pekan Ini, Simak Ketentuannya

Mendag Zulhas hadiri penandatanganan MoU Joint Trade Commitee RI-Mesir

Photo :
  • Dok. Istimewa

Zulhas menekankan, pentingnya dukungan infrastruktur dan fasilitas lain dalam kerja sama dagang Indonesia-Mesir. Salah satu upaya dalam memperkuat hubungan dagang adalah melalui penandatanganan Nota Kesepahaman Joint Trade Commitee (JTC).

Peringati Hari Konsumen Nasional, Mendag Zulhas: Pengusaha Curang Membunuh Usahanya Sendiri

"Yang kedepannya diharapkan dapat menjadi sarana untuk membahas peningkatan hubungan perdagangan ke arah perjanjian perdagangan yang lebih komprehensif seperti Perjanjian Perdagangan Preferensial (Preferential Trade Agreement/PTA) yang hasilnya dapat dimanfaatkan oleh pelaku bisnis dari kedua negara," kata Zulkifli Hasan.

Zulkifli Hasan melanjutkan, dalam kunjungannya ke Mesir itu, turut dilakukan penandatanganan perjanjian imbal dagang antara Indonesia dan Mesir untuk produk kurma dan kopi, serta penandatanganan Nota Kesepahaman antar KADIN, business council dan pelaku usaha kedua negara.

“Perjanjian kerja sama melalui skema perjanjian imbal dagang merupakan salah satu strategi yang cukup efektif di tengah situasi ekonomi global yang kurang baik saat ini. Melalui mekanisme imbal dagang, kedua negara tetap dapat melakukan transaksi dagang yang saling menguntungkan, sekaligus mempertahankan cadangan devisa masing-masing negara yang mungkin terimbas resesi ekonomi global,” jelas Zulhas.

Penandatanganan kerja sama imbal dagang ini terdiri atas satu kontrak imbal dagang yang dilakukan PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PT PPI) selaku Badan Pelaksana (BP) imbal dagang Indonesia dengan Al Postan for General Import & Export sebagai BP imbal dagang Mesir. 

“Penandatanganan kontrak imbal dagang pada hari ini diharapkan dapat menjadi tambahan motor penggerak peningkatan ekspor Indonesia ke Mesir yang secara paralel dapat meningkatkan perdagangan kedua negara,” kata Zulkifli Hasan.

Kontrak imbal dagang antara PT PPI dan Al Postan for General Import & Export menghasilkan transaksi senilai USD 105.000. Produk yang dipertukarkan yaitu kopi dari Indonesia dengan anggur dan/atau delima dari Mesir. 

Zulkifli Hasan menghadiri acara Forum Bisnis Indonesia-Mesir di Kairo, Mesir

Photo :
  • Dok. Istimewa

Selain itu, pada tanggal 15 Mei 2023 PT PPI juga akan melakukan penandatanganan satu Nota Kesepahaman (MoU) dengan Al Sahl yang berperan sebagai BP di Mesir. Selanjutnya kedua pihak akan mendiskusikan lebih lanjut produk yang akan dipertukarkan dan nilai transaksinya.

Zulhas mengakui, Mesir memiliki prospek besar bagi pelaku usaha Indonesia karena merupakan hub perdagangan menuju negara-negara di sekitarnya. 

“Keberadaan jalur perdagangan Terusan Suez juga berperan menjadikan Mesir sebagai gerbang menuju negara-negara lain di kawasan Teluk, Afrika, dan Timur Tengah,” tandasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya