Luhut Dukung Kerja Sama Pengembangan Kawasan Industri IWIP dan Pembkab Halteng

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.
Sumber :
  • VIVA/Anisa Aulia

VIVA Bisnis – Menteri Koordinasi Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mendukung kerja sama antara Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP) dengan Pemerintah Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng), dalam upaya kedua belah pihak untuk meningkatkan kehidupan sosial di wilayah Halmahera Tengah.

Eid al-Fitr as Unity and Tolerance Moment, Minister Pandjaitan Says

Melalui dibangunnya komitmen kerja sama antara Pemkab Halteng dengan IWIP yang disaksikan langsung oleh Luhut, sinergi kedua pihak terjalin melalui berbagai hal seperti pembangunan Politeknik Industri, fasilitas pengolahan air bersih, serta peningkatan Puskesmas Lelilef.

"Di sini kita bangun ekosistem. Kita peduli terhadap warga dan juga lingkungan. Kalau dilihat karyawan di sini 90 persennya merupakan pekerja Indonesia. Namun, transfer teknologi tetap dilakukan oleh perusahaan China maupun Prancis," kata Luhut dalam keterangannya, Senin, 15 Mei 2023.

Sambut Lebaran 2024, Menko Luhut: Momentum Mempererat Kerukunan Serta Kekompakan

Kawasan industri IWIP di Halmahera Tengah, Maluku Utara.

Photo :

Luhut mengatakan, sebelum komitmen ini, pihak IWIP bahkan telah membeli listrik dari PLTU miliknya kepada PLN Halmahera Tengah sebesar 5 Megawatt. Selain itu di bidang non-fisik, IWIP melalui Weda Bay Nickel juga memberikan dukungan terhadap program pendidikan, melalui metode pembelajaran matematika gasing bagi anak-anak dan guru sekolah dasar.

Antusiasme Mudik Tinggi, Luhut Sebut Mudik Paling Meriah Sepanjang Sejarah!

Luhut juga menyampaikan kebanggaan terhadap IWIP, yang menurutnya dalam waktu singkat telah memberi dampak signifikan terutama dalam peningkatan ekonomi. Di mana, kehadiran IWIP berhasil memberikan kontribusi utama terhadap pertumbuhan ekonomi Maluku Utara di tahun 2022, hingga mencapai 28 persen.

Hal senada juga disampaikan Pj. Bupati Halteng, Ikram Malam Sangadji, yang mengaku optimis dengan kerja sama tersebut. Terlebih karena didukung oleh Luhut, industrialisasi nikel di Halteng menurutnya memang harus seimbang dengan kondisi sosial, ekonomi, dan lingkungan.

"Ada beberapa hal yang menjadi komitmen kita, termasuk penataan lingkungan. Beberapa lokasi pembangunan infrastruktur juga sudah mulai land clearing dan minggu depan sudah mulai bekerja. Mudah-mudahan 2024 sudah bisa diresmikan," ujar Ikram.

Wakil Presiden IWIP Senada , Kevin He, menyambut baik rencana Pj Bupati atas beberapa proyek pembangunan di Halteng  Bagi Kevin , IWIP akan terus berkomitmen untuk mendukung pembangunan di bumi Fagogoru ini, termasuk di bidang pendidikan, kesehatan, dan pengembangan wilayah.

“IWIP berharap komitmen pemerintah daerah tersebut dapat membantu IWIP dalam proses perizinan sesuai dengan kewenangannya, serta mengharapkan bantuan apabila terjadi masalah yang diarahkan pada diperlukannya kehadiran pemda,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya