Anak Usaha Energi Mega Persada Akuisisi Seismik 2D Sepanjang 1.050 Km di Mozambik

Ekspansi bisnis EMP di Mozambik.
Sumber :
  • Dokumentasi EMP.

VIVA Bisnis  – PT Energi Mega Persada Tbk (EMP), melalui Buzi Hydrocarbons Pte. Ltd. (BHPL), saat ini memasuki fase pengembangan ekspansi bisnis di Mozambik. EMP sendiri diketahui tengah beroperasi dan memiliki hak partisipasi di 16 wilayah kerja, yang berada di seluruh Indonesia dan Mozambik.

Prilly Latuconsina Ketahuan Masak Pakai LPG 3 Kg, ESDM Beri Sindiran Menohok

Direktur BHPL Taufan Eko Nugroho Rotorasiko menjelaskan, EMP diberikan waktu dua tahun untuk mengevaluasi komersialitas penemuan potensial di area Buzi dan Divinhe, yang berada di bagian Utara dan Selatan Blok masing-masing.

"Program penilaian disetujui oleh MIREME/INP pada tanggal 5 Agustus 2022, dan memulai tahap baru operasi di Blok Buzi," kata Taufan dalam keterangannya, Selasa, 16 Mei 2023.

Pertamina Adds 7.36 Million Three-kg Gas Canisters for Eid al-Fitr

Taufan mengatakan, telah melakukan kick-off meeting akuisisi seismik 2D sepanjang 1.050 km untuk Divinhe dan Buzi, pada tanggal 12 Mei 2023 di Maputo. Prosesnya dihadiri oleh kontraktor seismik Gelombang Seismic Indonesia (GSI), Instituto Nacional De Petróleo (INP), dan Empresa Nacional de Hidrocarbonetos, EP (ENH).

Ekspansi bisnis EMP di Mozambik.

Photo :
  • Dokumentasi EMP.
Bikin Geram, Netizen Temukan Prilly Latuconsina Masak Hidangan Lebaran Pakai Gas Subsidi

Dia menyampaikan, kegiatan appraisal ini merupakan hasil dari pengeboran dua sumur, yang mengkonfirmasi adanya gas alam pada beberapa interval Formasi Cretaceous Grudja.

Pada tahap ini, BHPL berkomitmen untuk mengakuisisi lebih dari 1.050 km Seismik 2D, dan mengebor beberapa sumur yang akan digunakan untuk penilaian dan produksi di masa mendatang.

Selama pelaksanaan program penilaian, pemegang konsesi juga akan membuat deklarasi komersialitas lapangan yang sudah menghasilkan. Selanjutnya, mereka juga harus menyampaikan Rencana Pengembangan yang akan menghasilkan produksi.

Selain itu, lanjut Taufan, BHPL juga menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas dukungan dari CEO EMP, Syailendra Bakrie, untuk terus mendukung kegiatan BHPL di Mozambik.

"BHPL adalah Anak Perusahaan EMP yang merupakan perusahaan minyak dan gas Indonesia pemegang 75 persen hak partisipasi, sebagai operator dalam Perusahaan Patungan dengan Empresa Nacional de Hidrocarbonetos (ENH), yang merupakan perusahaan milik negara Mozambik dengan 25 persen dilakukan melalui produksi," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya