Strategi Vale Indonesia Turunkan Penggunaan Energi pada 2022

PT Vale Indonesia
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Bisnis – PT Vale Indonesia (PTVI) mencetak rekor terendah dalam penggunaan energi dibandingkan dua tahun ke belakang. Hal itu tergambar dalam Laporan Keberlanjutan 2022 (Sustainability Report 2022) yang dikeluarkan pada Mei 2023.

Pertamina Jamin Produksi dan Pasokan Energi Periode Mudik Lebaran Aman, Begini Strateginya

Pada tahun 2022, PTVI mengkonsumsi 26,6 juta GigaJoule (GJ) untuk operasionalnya. Penurunan ini dinilai sangat signifikan, mengingat pada tahun 2020, operasi pertambangan PTVI mengkonsumsi 30,6 juta GJ. 

“Kami mencatat capaian positif dalam pengelolaan lingkungan di tahun 2022. Secara keseluruhan, total emisi GRK hingga tahun 2022 secara kumulatif turun sebesar 373.563 ton CO2 eq, dari baseline tahun 2017 sebesar 2.013.950 ton CO2 eq. Pencapaian ini masih dalam proyeksi roadmap net zero emission yang akan diterapkan secara bertahap di PTVI.” ungkap Chief Executive Officer (CEO) PT Vale Indonesia, Febriany Eddy dikutip dalam keterangannya, Rabu, 17 Mei 2023.

Dirut Pertamina Ungkap Strategi Pertumbuhan Ganda di Forum CERAWeek

Pencapaian ini, lanjut dia, bukan saja mengukuhkan PTVI sebagai penghasil nikel dengan nilai emisi karbon paling rendah di Indonesia, tetapi juga semakin mendekatkan perusahaan nikel Indonesia ini pada target mengurangi 33 persen emisi Gas Rumah Kaca (GRK) pada tahun 2030.

Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh International Council on Mining and Metals (ICMM), industri pertambangan bertanggung jawab atas sekitar 4-7 persen emisi gas rumah kaca secara global. Lebih lanjut, sumber utama emisi GRK dari industri pertambangan meliputi konsumsi energi dari pembakaran bahan bakar fosil, khususnya solar, dan penggunaan listrik yang dihasilkan dari bahan bakar fosil. Sehingga pengurangan penggunaan energi dari bahan bakar fosil dan mengonversi sumber energi tersebut dengan bahan bakar terbarukan sangat esensial bagi industri tambang. 

Apakah Tidur Saat Puasa Bernilai Ibadah? Begini Penjelasan Ulama

Menurut Febriany, hal ini juga sudah lama disadari oleh PTVI, bahkan sejak penandatanganan komitmen pencapaian Sustainable Development Goals (SGDs) dan Net Zero Emission (NZE) yang sejalan dengan Paris Agreement. Secara gradual, PTVI telah menurunkan penggunaan energi fosil dan mulai meningkatkan penggunaan energi berbasis hydro dan panas bumi.

Kapal tongkang pengangkut batu bara saat melintas di Sungai Musi, Palembang

Photo :
  • ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Adapun, langkah nyata yang dilakukan PTVI salah satunya adalah keberhasilan PTVI dalam mengurangi penggunaan batu bara sebanyak 31,4 persen pada tahun 2022 dan juga penggunaan diesel sebanyak 24,08 persen dibandingkan tahun 2020. 

Pada tahun 2020, PTVI menggunakan batu bara sebanyak 426,429 ton dan tahun 2022 berhasil dikurangi hingga 292.341 ton. 

Gunakan Pembangkit Listrik dari Tenaga Air dan Panas Bumi

Sebagai gantinya, perusahaan yang telah beroperasi di Indonesia selama 50 tahun ini meningkatkan penggunaan pembangkit listrik bersumber dari air dan panas bumi sebanyak 8,7 persen. Sebagaimana yang telah diungkapkan oleh Febry, pencapaian ini masih berada pada perencanaan NZE yang telah diputuskan oleh PTVI.

“Kami sangat bangga mengumumkan kepada masyarakat internasional bahwa Indonesia dapat menjadi contoh bagi industri tambang dunia dan produk yang dihasilkan merupakan bukti nyata  dari upaya keberlanjutan yang menyeluruh. Sebagai dampaknya kami dapat berkontribusi pada upaya mengurangi risiko perubahan iklim”. lanjut Febriany.

Saat ini, pabrik nikel yang dioperasikan PTVI di Sorowako memiliki intensitas karbon sebesar 27,30 Ton CO2eq/Ton Ni. Hal ini menjadikan PT Vale sebagai perusahaan dengan intensitas karbon terendah di Indonesia.

“Kami sangat mengapresiasi dan berharap dukungan yang diberikan pemerintah terus berlanjut, juga kerja sama yang telah dibangun selama ini akan menjadi semakin baik untuk mengantarkan PT Vale mewujudkan ambisinya menjadi pelopor praktik pertambangan berkelanjutan di Indonesia bahkan dunia.” tutup Febry.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya