Lewat Acara Ini, Sandiaga Sebut Peluang Lapangan Kerja Berkualitas Terbuka

Menparekraf Sandiaga Uno
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Bisnis - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) siap menggelar acara Semarak Jejaring Kabupaten/Kota (JEJAKK) Kreatif Indonesia 2023 di Semarang, pada 19 hingga 21 Mei 2023. Tujuannya, mendorong inisiatif dari setiap kota atau kabupaten yang sudah lulus uji petik penilaian mandiri kabupaten/kota kreatif Indonesia (PMK3I).

Ada Konflik di Timur Tengah, Bos BI Pede Ekonomi RI Tetap Kuat

Rencananya, Semarak JEJAKK Kreatif Indonesia 2023 ini dihadiri baik secara daring maupun luring oleh para pelaku ekonomi kreatif dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dari 30 kata kreatif yang sudah ditetapkan pemerintah, dengan melibatkan 109 kabupaten/kota.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno mengaku optimis Semarak JEJAKK Kreatif Indonesia 2023 merupakan solusi bagi kendala pelaku UMKM yang dihadapi selama ini. Tentu, ia melihat Semarak JEJAKK Kreatif 2023 ini akan memiliki dampak positif dalam menciptakan peluang lapangan kerja baru yang berkualitas.

8 Negara dengan Penurunan Tercepat di Asia

“Saya optimis dengan pengembangan program yang tepat sasaran, tepat waktu, dan tepat manfaat seperti KaTa Kreatif, para pelaku ekonomi kreatif dan UMKM dapat menemukan solusi. Hal ini tentunya akan berdampak positif dalam menciptakan peluang lapangan kerja baru yang berkualitas,” kata Sandi melalui keterangannya pada Jumat, 19 Mei 2023.

Ekonom Proyeksikan BI Bakal Kembali Tahan Suku Bunga Acuan 6 Persen

Menurut dia, Semarak JEJAKK Kreatif Indonesia 2023 ini akan menjadi solusi bagi kreativitas para pelaku ekonomi kreatif dan UMKM agar terus berinovasi serta berkolaborasi demi kebangkitan ekonomi Indonesia. Selain itu, sebagai bentuk pembuktian kalau Indonesia siap menggelar acara-acara bertaraf nasional maupun internasional.

“Diprediksi akan ada 3.000 event yang akan diadakan di Indonesia tahun ini, yang mana nilai dampak dari event-event tersebut terhadap ekonomi baik secara langsung dan tidak langsung ada sekitar Rp160 triliun,” jelas mantan Wakil Gubernur DKI ini.

Oleh sebab itu, Sandi mengajak kepada para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif serta masyarakat, khususnya di Kawasan Kota Lama Semarang, Jawa Tengah, supaya hadir karena dibuka secara umum dan gratis.

“Ayo, kita ramaikan acara Semarak JEJAKK Kreatif Indonesia 2023, bakal banyak event dan penampilan seru berupa bazar, pameran, pagelaran seni, fashion show, dan masih banyak kejutan lainnya. Salam kreatif,” ujarnya.

Sementara, Sandi menjelaskan dipilihnya Semarang sebagai tuan rumah karena Jawa Tengah salah satu provinsi paling aktif, konsisten, dan menunjukkan komitmen nyata dalam mengembangkan ekosistem ekonomi kreatif. Disisi lainnya, Semarang adalah kota yang potensial mendatangkan wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara.

"Semarang itu 3A (Atraksi, Amenitas, Aksesibilitas) komplit, sehingga kota ini dikunjungi banyak wisatawan. Memiliki posisi yang sangat strategis dan menghadirkan potensi yang luar biasa, Semarang layak menjadi tuan rumah acara Semarak JEJAKK Kreatif Indonesia 2023,” pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya