500 Ribu Lebih Wirausaha Baru Lahir Dari OK OCE, Sandiaga Optimis Ekonomi RI Bangkit

Menparekraf Sandiaga Uno (Baju putih)
Sumber :
  • Dok. Istimewa

VIVA Bisnis – Usaha kecil mikro menengah (UMKM) memiliki peran penting bagi kebangkitan perekonomian. Hal ini dikarenakan, penyerapan tenaga kerja didominasi pelaku UMKM. 

Asia Business Council, Menko Airlangga Yakinkan Komitmen Indonesia Mempercepat Pembangunan Ekonomi

20 Mei diperingati sebagai Hari Kebangkitan nasional. Momen kebangkitan nasional juga mestinya jadi pijakan untuk mendorong UMKM makin bangkit. 

Ilustrasi pelatihan wirausaha

Photo :
  • VIVA/Eduard
Asia Business Council 2024, Menko Airlangga Kasih Bukti Ketahanan Ekonomi Indonesia

Gerakan sosial OK OCE yang terus fokus menciptakan lapangan kerja melalui kewirausahaan, terus memberikan pendampingan bagi peningkatan produktifitas UMKM. 

Ketua Umum OK OCE, Iim Rusyamsi mengatakan bila dilihat dari data yang ada, dari September 2022 saja OK OCE telah mencetak 480.765 wirausaha yang artinya telah menyerap 1.469.937 tenaga kerja. 

Soal Konflik Israel-Iran, Airlangga Cermati Dampak ke Sektor Logistik Minyak Mentah Dunia

"Hal ini dapat membantu perekenomian negara," ujar Iim Rusyamsi, dalam keterangannya Sabtu 20 Mei 2023 

Iim menambahkan, momen kebangkitan nasional juga merupakan kebangkitan UMKM, karena kini mereka masih menjadi tulang punggung perekonomian negara. 

Pelatihan, Pendampingan bagi para usaha yang ditularkan melalui virus wirausaha ini diharapkan untuk dapat penciptaan lapangan kerja seluas-luasnya. 

Sandiaga Uno saat meluncurkan OK Oce Coffee

Photo :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

Hal ini sejalan dengan apa yang dikatakan Founder OK OCE yang juga Menparekraf RI, Sandiaga Uno. Sandi mengatakan pihaknya optimis dengan pengembangan program yang tepat sasaran, tepat waktu, dan tepat manfaat bagi para pelaku usaha khususnya UMKM.

"Sehingga dapat menemukan solusi bagi kendala yang dihadapi. Hal ini tentunya akan berdampak positif dalam menciptakan peluang lapangan kerja baru yang berkualitas”, kata Sandiaga Uno. 

Gerakan sosial OK OCE diungkapkan Sandiaga Uno, telah memiliki lebih dari 500 ribu wirausaha baru yang didominasi dengan pelaku usaha kuliner, fesyen, craft hingga kriya. "Saat ini bukan hanya ada di Jakarta saja melainkan merambah di seluruh Indonesia," pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya