BI: Penyaluran Kredit Baru Perbankan April 2023 Tumbuh

Ilustrasi kartu kredit.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Bisnis – Bank Indonesia (BI) melaporkan bahwa permintaan pembiayaan korporasi pada April 2023 terindikasi tumbuh terbatas. Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono menjelaskan, hal tersebut tecermin dari Saldo Bersih Tertimbang (SBT) pembiayaan korporasi sebesar 19,8 persen, atau lebih rendah dari SBT 24,0 persen pada Maret 2023.

Rupiah Melemah Tertekan Konflik Iran Vs Israel, Begini Respons BI

"Mayoritas pembiayaan bersumber dari dana sendiri, diikuti pembiayaan dari pemanfaatan fasilitas kelonggaran tarif yang meningkat dibandingkan bulan sebelumnya," kata Erwin dalam keterangannya, Senin, 22 Mei 2023.

Ilustrasi aktivitas perbankan

Photo :
  • U-Report
Waspada Kejahatan Penipuan Online, Simak Tips Aman Bertransaksi Perbankan Saat Lebaran

Sementara itu, permintaan pembiayaan yang bersumber dari perbankan dalam negeri terindikasi melambat. "Penyaluran kredit baru oleh perbankan pada April 2023 juga terindikasi tumbuh terbatas," ujarnya.

Selain itu, SBT penyaluran kredit baru pada April 2023 tercatat sebesar 68,9 persen, tumbuh positif meski tidak setinggi SBT pada bulan sebelumnya sebesar 94,6 persen.

796 Ribu AgenBRILink Siap Layani Kebutuhan Perbankan Masyarakat Selama Libur Lebaran

Erwin mengatakan, faktor utama yang memengaruhi penyaluran kredit baru tersebut antara lain permintaan pembiayaan dari nasabah, prospek kondisi moneter dan ekonomi ke depan, serta tingkat persaingan usaha dari bank lain.

Sementara itu, untuk keseluruhan kuartal II-2023, penawaran penyaluran kredit baru dari perbankan diprakirakan meningkat. Di sisi rumah tangga, permintaan pembiayaan baru terindikasi melambat pada April 2023.

Mayoritas rumah tangga mengajukan jenis pembiayaan berupa Kredit Multi Guna dan memilih bank umum, sebagai sumber utama penambahan pembiayaan.

"Sumber pembiayaan lainnya yang menjadi preferensi rumah tangga untuk memenuhi kebutuhan pembiayaan antara lain koperasi dan leasing," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya