Bidik Dana Rp 5 Triliun, Bank Mandiri Terbitkan Green Bond

Bank Mandiri Pusat
Sumber :
  • vivanews/Andry Daud

VIVA Bisnis – PT Bank Mandiri (Persero) Tbk resmi menerbitkan Penawaran Umum Berkelanjutan (PUB) Obligasi Berwawasan Lingkungan Berkelanjutan (Green Bond) tahap I tahun 2023. Perseroan dalam hal ini memasang target indikatif sebesar Rp 5 Triliun.

Industri Laboratorium Makin Kinclong, Lab Indonesia 2024 Soroti Hal Ini

Direktur Utama Bank Mandiri, Darmawan Junaidi mengatakan, penerbitan green bond merupakan bagian dari PUB Green Bond Bank Mandiri dengan total sebesar Rp 10 triliun. Dalam hal ini akan digunakan untuk membiayai kembali kegiatan-kegiatan yang termasuk dalam kategori Kegiatan Usaha Berwawasan Lingkungan (KUBL).

"Perseroan kembali diwujudkan secara nyata melalui penerbitan PUB Obligasi Berwawasan Lingkungan Berkelanjutan (Green Bond) Bank Mandiri tahap I tahun 2023 dengan target indikatif Rp 5 Triliun," ujar Darmawan dalam Publik Expose, Selasa, 23 Mei 2023.

Pariwisata Hijau dan Berkelanjutan Bakal Jadi Fokus Kemenparekraf

Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi.

Photo :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya

Darmawan menuturkan, penerbitan obligasi ini juga merupakan salah satu inisiatif strategis untuk memperkuat struktur pendanaan dalam mendukung rencana ekspansi bisnis. Hal itu dalam kerangka implementasi Rencana Aksi Keuangan Berkelanjutan (RAKB) Bank Mandiri pada pilar Sustainable Banking.

Menciptakan Produk Berkelanjutan Bukan soal Ramah Lingkungan Saja

“Penerbitan Green Bond merupakan salah satu inisiatif yang mempertegas konsistensi Bank Mandiri dalam penerapan Keuangan Berkelanjutan melalui pengembangan produk dan jasa Keuangan Berkelanjutan serta peningkatan portfolio Green Financing. Hal ini juga menjadi komitmen kami dalam mendukung pencapaian target Net Zero Emission (NZE) Indonesia pada 2060,” jelasnya.

Dia mengatakan, untuk dana yang dihimpun dari penerbitan green bond ini akan digunakan untuk mendukung pembiayaan kegiatan usaha yang berwawasan lingkungan.

Atas hal tersebut, maka Perseroan telah menunjuk enam perusahaan penjamin emisi, yakni Bahana Sekuritas, BNI Sekuritas, BRI Danareksa Sekuritas, CIMB Niaga Sekuritas, Mandiri Sekuritas, dan Trimegah Sekuritas Indonesia.

“Bank Mandiri dalam beberapa tahun terakhir telah konsisten menerapkan prinsip-prinsip ESG secara serius, baik itu dari sisi penghimpunan dana, penyaluran dana, serta operasional. Kami juga telah memasang target pencapaian net zero emission dari aktivitas operasional perusahaan pada tahun 2030,” jelasnya.

Adapun sebelumnya, Bank Mandiri telah menghimpun dana berbasis ESG senilai US$800 juta melalui Sustainability Bond senilai US$300 juta pada tahun 2021. Dan ESG Repo senilai US$500 juta pada tahun 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya