Harga Emas Hari Ini 23 Mei 2023: Global dan Antam Stabil di Tengah Pembicaraan Utang Pemerintah AS

Ilustrasi Emas Batangan.
Sumber :
  • Foto ANTARA

VIVA Bisnis – Harga emas internasional stabil di awal perdagangan Asia pada Selasa, 23 Mei 2023. Itu terjadi karena investor fokus pada pembicaraan pagu utang AS yang berlarut-larut setelah Presiden Joe Biden dan anggota Kongres dari Partai Republik berjuang untuk membuat kesepakatan.

Ini Penyebab Saham Rontok dan Harga Emas Melejit

Dilansir dari The Economic Times, harga emas di pasar spot naik tipis 0,1 persen menjadi US$1.971,09 per ons pada pukul 00.19 Greenwhich Mean Time (GMT). Sedangkan, emas berjangka AS turun 0,3 persen menjadi US$1.972,10.

Presiden AS, Joe Biden dan Ketua DPR Kevin McCarthy tidak dapat mencapai kesepakatan pada hari Senin tentang cara menaikkan plafon utang pemerintah AS sebesar $31,4 triliun hanya dengan 10 hari sebelum kemungkinan gagal bayar yang dapat menenggelamkan ekonomi AS. Tetapi mereka berjanji untuk terus berbicara.

Iran Gempur Israel, Harga Emas Global dan Antam Melesat Dekati Rekor Tertinggi

Gedung Putih tidak memiliki urgensi untuk menangani krisis plafon utang AS, kata Perwakilan AS Patrick McHenry, negosiator Partai Republik, pada Senin malam.

Presiden Fed St. Louis, James Bullard mengatakan mungkin ada kebutuhan kebijakan untuk meningkatkan suku bunga.

Harga Emas Naik Lagi Gara-gara Timur Tengah Memanas, Saatnya Jual?

Presiden Federal Reserve Bank of Minneapolis Neel Kashkari memperingatkan bahwa meskipun tampaknya tekanan terburuk di sektor perbankan telah berakhir, sejarah menunjukkan lebih banyak masalah tidak dapat dikesampingkan. Sementara itu, bank-bank Wall Street dan manajer aset telah mempersiapkan dampak dari potensi gagal bayar.

Emas dianggap sebagai lindung nilai terhadap ketidakpastian ekonomi, kenaikan suku bunga merugikan permintaan untuk aset dengan imbal hasil nol.

Emas Domestik

Emas Antam.

Photo :
  • Dokumentasi Antam.

Harga emas produksi PT Aneka Tambang Tbk (Antam) hari ini tercatat dibanderol seharga Rp 1.056.000 per gram. Harga itu sama dibanding perdagangan kemarin.

Dikutip dari data Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia Antam, harga pembelian kembali atau buyback emas ditetapkan seharga Rp 950 ribu per gram. Harga itu juga sama dengan perdagangan kemarin.

Adapun harga emas berdasarkan ukuran, yakni lima gram dijual Rp 5,05 juta, 10 gram Rp 10,55 juta, 25 gram Rp 25.01 juta dan 50 gram Rp 49,94 juta.

Kemudian, emas 100 gram dibanderol Rp 99,81 juta, 250 gram Rp 249,26 juta dan emas 500 gram Rp 498,32 juta. Selanjutnya, untuk ukuran emas terkecil dan terbesar yang dijual Antam pada hari ini, yaitu 0,5 gram dibanderol Rp 578 ribu dan 1.000 gram senilai Rp 996,6 juta.

Untuk diketahui, harga penjualan emas batangan Antam ini belum termasuk pajak. Pada hari ini, ukuran emas 250 gram dan 500 gram sedang tidak tersedia di Butik Emas Logam Mulia Pulo Gadung.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya