Daftar 10 Negara Terkaya di Dunia 2023, Indonesia Nomor Berapa?

Ilustrasi negara terkaya
Sumber :

VIVA Bisnis – Kondisi ekonomi global memang tengah dilanda ketidakpastian. Hal ini dipengaruhi dari berbagai faktor. Meski begitu, ada sederet negara yang mampu mengatasi permasalahan ini dan berhasil menjadi negara terkaya di dunia.

8 Negara dengan Penurunan Tercepat di Asia

Dikutip dari Majalah Global Finance, Rabu, 24 Mei 2023, Irlandia berhasil jadi urutan pertama negara terkaya di dunia tahun ini. Sementara San Marino di urutan ke-10. Lantas, negara Indonesia berada di urutan ke berapa? 

Daftar negara terkaya di dunia 

Ramalan Jayabaya Soal Perang Dunia Ketiga, Bakal Terjadi di 2024 Karena Iran vs Israel?

Dublin Castle, Irlandia

Photo :
  • Pixabay

1. Irlandia

Alasan Negara Arab Lebih Pilih Dukung Israel daripada Iran, Khawatir Perang Makin Luas

Irlandia berhasil menempati posisi pertama sebagai negara terkaya di dunia yang memiliki GDB-PPP mencapai 145,196 Dolar AS per kapita. Negara ini berhasil menjadi negara terkaya di dunia berkat banyaknya investasi perusahaan global di negara ini.

2. Luksemburg

Posisi kedua yang menyabet gelar negara terkaya di dunia yakni Luksemburg dengan GDP-PPP per kapita sebesar 142,490 Dolar AS per kapita. 

Kesuksesan Luksemburg masuk ke dalam daftar negara terkaya di dunia berkat penanganan terhadap pandemi Covid-19 yang cukup baik dibandingkan negara-negara lain di Eropa.

Luksemburg memiliki standar hidup tinggi di Eropa, hal ini dikarenakan Luksemburg menggunakan sebagian besar kekayaannya untuk menyediakan perumahan, layanan kesehatan, dan pendidikan yang layak bagi negaranya. Keren banget!

3. Singapura

Pada urutan ketiga yaitu tetangga negara Indonesia, yakni Singapura. Negara ini menjadi salah satu negara yang paling cepat pertumbuhannya. Hampir tidak memiliki sumber daya alam, Singapura kini memiliki PDB 133,895 Dolar AS per kapita.

4. Qatar 

Negara Qatar

Photo :

Sementara di urutan ke-4 ada Qatar. Tahun ini GDP-PPP Qatar mencapai 124,848 Dolar AS per kapita. Meski harga minyak dunia sempat turun, negara yang kaya akan cadangan minyak, gas, dan petrokimia ini sukses masuk ke dalam negara terkaya di dunia selama 20 tahun berturut-turut.

5. Makau

Makau memiliki GDP-PPP 89,558 Dolar AS per kapita. Hal ini sejalan dengan populasi lebih dari 600.000 dan lebih dari 40 kasino sebagai mesin penghasil uang di wilayah seluas kurang lebih 300 kilometer persegi tersebut.

6. Uni Emirat Arab

Pertanian, penangkapan ikan, dan perdagangan mutiara, ini dulunya merupakan andalan ekonomi negara Teluk Persia ini. Kemudian minyak ditemukan pada 1950-an dan semuanya berubah. 

Saat ini, penduduk Uni Emirat Arab (UEA) yang sangat kosmopolitan menikmati kekayaan yang luar biasa. Arsitektur Islam tradisional berpadu dengan pusat perbelanjaan mewah dan pekerja datang dari seluruh dunia terpikat oleh gaji bebas pajak dan sinar matahari sepanjang tahun; hanya sekitar 20% orang yang tinggal di negara tersebut yang sebenarnya lahir secara lokal.

Perekonomian UEA juga semakin terdiversifikasi. Di luar sektor hidrokarbon yang secara tradisional dominan, pariwisata, konstruksi, perdagangan, dan keuangan merupakan industri utama. 

Uni Emirat Arab sukses mengembangkan sumber ekonomi mereka dan menjadikan Uni Emirat Arab sebagai salah satu negara terkaya di dunia. GDP-PPP Uni Emirat Arab mencapai 88.221 Dolar AS per kapita.

7. Swiss

Selanjutnya di urutan ke-7 ada negara Swiss. Negara ini unggul di bidang layanan perbankan, asuransi, pariwisata, serta ekspor produk farmasi, permata, logam mulia, dan mesin persisi. Tahun ini, Swiss sukses mencetak angka 87.963 Dolar AS per kapita.

8. Norwegia

Sejak penemuan cadangan lepas pantai yang besar pada akhir 1960-an, mesin ekonomi Norwegia digerakkan oleh minyak. Sebagai produsen minyak bumi utama Eropa Barat, negara ini telah diuntungkan selama beberapa dekade dari kenaikan harga. Kini, Norwegia memiliki 82.655 Dolar AS per kapita.

9. Amerika Serikat

Amerika Serikat pertama kali masuk dalam daftar 10 teratas pada tahun 2020 setelah berada di luar posisi kesepuluh selama lebih dari dua dekade terakhir.

Masuknya Amerika dan kehadiran yang berkelanjutan di 10 besar disebabkan oleh penurunan harga energi dan pengeluaran negara yang didorong oleh pandemi. 

Penurunan harga energi mendorong ekonomi berbasis minyak bumi seperti Qatar, Norwegia, dan Uni Emirat Arab turun beberapa peringkat sementara Brunei sepenuhnya keluar dari 10 besar.

Sementara itu, lonjakan darurat dalam pengeluaran pemerintah untuk pemeriksaan stimulus, peningkatan tunjangan kupon makanan, dan perluasan pendaftaran Medicaid mendorong permintaan agregat secara signifikan. Akibatnya, AS mengalami resesi terpendek pada awal 2020, hanya berlangsung dua bulan.

Untungnya, pasar kerja Amerika telah pulih sejak awal pandemi meskipun tingkat inflasi tertinggi dalam 40 tahun telah menggerogoti upah pekerja.

Dengan jumlah penduduk yang sangat besar, Amerika Serikat sukses masuk ke dalam daftar negara terkaya di dunia. PDB Amerika Serikat Sendiri menyentuh 80.035 Dolar AS per kapita.

10. San Marino

Tiny San Marino adalah republik tertua di Eropa dan negara terkecil kelima di peta. Itu mungkin hanya memiliki 34.000 warga, tetapi itu adalah salah satu warga terkaya di dunia yang memiliki 78.926 Dolar AS per kapita. 

Ini membantu bahwa tarif pajak penghasilan sangat rendah, sekitar sepertiga dari rata-rata UE. Meskipun demikian, San Marino berupaya untuk menyelaraskan undang-undang dan peraturan fiskalnya dengan standar Uni Eropa (UE) dan internasional.

Negara kecil ini menunjukkan ketahanan yang luar biasa selama pandemi dan setelahnya di tengah kondisi moneter yang ketat dan krisis energi, dengan industri pariwisata dan sektor manufaktur menunjukkan kinerja yang sangat kuat.

Rupanya Indonesia masih jauh untuk menempati posisi 10 negara terkaya di dunia. Pasalnya, Indonesia menempati urutan ke 102 yang memiliki 15,855 Dolar AS per kapita.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya