IHSG Dibayangi Utang Pemerintah, Intip Rekomendasi Saham

Pergerakan IHSG (Foto ilustrasi)
Sumber :
  • VIVAnews/M Ali Wafa

VIVA Bisnis  – Indeks harga saham gabungan atau IHSG melemah 15 poin atau 0,24 persen di level 6.665, pada pembukaan perdagangan Selasa, 30 Mei 2023.

IHSG Dibayangi Koreksi Wajar, Intip Rekomendasi Saham Jelang Akhir Pekan

Financial Expert Ajaib Sekuritas, Chisty Maryani, memprediksi bahwa IHSG bakal bergerak mixed pada perdagangan hari ini.

"Hari ini IHSG diprediksi bergerak mixed," kata Chisty dalam riset hariannya, Selasa, 30 Mei 2023.

Viral Aksi Emak-emak di Makassar Mengamuk Sambil Ancam Pakai Parang Penagih Utangnya

Dia menjelaskan, posisi utang Pemerintah hingga akhir April 2023 tercatat sebesar Rp 7.849,89 triliun, atau lebih rendah dibanding posisi pada akhir Maret 2023 yang tercatat sebesar Rp 7.879,07 triliun.

IHSG.

Photo :
  • VIVA/Muhamad Solihin
Prudential Indonesia Bayarkan Klaim Asuransi 17 Triliun Selama 2023

"Nominal utang pemerintah tersebut diikuti rasio utang sebesar 38,15 persen dari PDB, dan masih berada di bawah batas aman yang diatur dalam perundang-undangan," ujar Chisty.

Sementara itu, Kementerian Keuangan melaporkan pendapatan negara bukan pajak (PNBP) tumbuh 22,8 persen secara year-on-year (yoy).

"IHSG diprediksi bergerak mixed dalam level 6.610-6.746," ujarnya.

Karyawan mengamati layar yang menampilkan informasi pergerakan IHSG di gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Jumat (26/6/2020). (Foto ilustrasi)

Photo :
  • ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Selain itu, Dia juga memberikan sejumlah rekomendasi mengenai saham-saham yang dapat dicermati pada perdagangan hari ini, diantaranya yakni SMGR, PWON, TPIA.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya