Ekosistem Digital Toko Kelontong Punya Wajah Baru, SRC Pede Mitra Makin Cuan

Anggota komunitas SRC, Neneng
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Bisnis – PT SRC Indonesia Sembilan (SRCIS) melalui Sampoerna Retail Community (SRC) melanjutkan perannya dalam pembinaan UMKM Toko Kelontong di Indonesia. Hal itu melalui ekosistem digital SRC yang terus diperbaharui agar memberikan dukungan yang lebih baik sesuai kebutuhan toko kelontong, para mitranya, dan pelanggannya.

Dorong Ekspor UMKM, Bea Cukai Jalin Kolaborasi dengan Pemerintah Daerah

Komitmen tersebut pin dilakukan SRC dengan meluncurkan wajah baru ekosistem digital AYO by SRC bersamaan dengan perayaan hari ulang tahunnya (HUT) ke-15 tahun ini.  Rangkaian aplikasi ini menempatkan berbagai fitur inovatif terbaru untuk memudahkan seluruh ekosistem SRC dalam menjalankan usaha hingga berbelanja.

“Lima belas tahun bukan waktu yang singkat dalam proses pembinaan UMKM toko kelontong. Pencapaian ini tentu tidak lepas dari dukungan berbagai pihak, mulai dari pemerintah, mitra, masyarakat, serta para pemilik Toko SRC yang selalu siap bekolaborasi,” kata Direktur SRCIS Rima Tanago dikutip dari keterangannya, Kamis, 1 Juni 2023.

Mejeng di Pameran Kopi Terbesar di Amerika, Produk Lampung dan Bajawa Bidik Pasar Gobal

SRC.

Photo :
  • Dokumentasi SRC.

Rima menuturkan, Inovasi dan wajah baru tersebut ditujukan agar SRC dapat semakin memperkuat ekosistem digital penunjang pelaku usaha dalam menjalankan usahanya. Dan juga, konsumen dalam berbelanja berbagai kebutuhannya.

Kopi Unggulan Indonesia Juara Dunia di  Specialty Coffee Expo 2024 Amerika Serikat

Dia berharap, ekosistem digital AYO by SRC yang makin lengkap dan mudah diakses ini, mampu mendorong 225 ribu toko SRC yang tergabung dalam 7.000 paguyuban. Serta 6.100 Mitra SRC yang tersebar di seluruh Indonesia agar menjadi lebih maju.

“Untuk itu, di momen ulang tahun SRC ini, kami juga mengajak seluruh Mitra SRC, Toko SRC, pelanggan Toko SRC, partner strategis, dan masyarakat Indonesia untuk menjadi lebih baik,” ucap Rima.

Adapun AYO by SRC terdiri dari tiga aplikasi. Pertama My AYO by SRC yang disediakan bagi para pelanggan Toko SRC, AYO MITRA by SRC yang diperuntukkan bagi para mitra usaha atau pengusaha grosir, dan AYO TOKO by SRC yang ditujukan bagi para toko kelontong.

Sementara itu, pemilik Toko SRC dapat memanfaatkan aplikasi AYO TOKO by SRC dengan fasilitas fitur yang dilengkapi dengan inovasi baru, yakni fitur Pojok Untung.

“Sejalan dengan komitmen kami dalam meningkatkan daya saing toko kelontong, fitur Pojok Untung pada aplikasi AYO TOKO by SRC akan membuka peluang bagi toko untuk berkolaborasi dengan partner terpilih untuk melengkapi layanan di toko dan mendatangkan kesempatan untuk meningkatkan omzet,” jelas Rima.

Sementara itu, Plt. Asisten Deputi Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat dan Kewirausahaan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Chairul Saleh mengapresiasi perjalanan 15 tahun transformasi dan digitalisasi yang dilakukan oleh SRC untuk UMKM Indonesia jadi lebih baik.

"Toko kelontong memiliki peranan penting pada pertumbuhan ekonomi lokal maupun nasional. Hal merupakan fenomena bisnis mikro yang prospektif dan menjadi bagian penting bagi pemenuhan kebutuhan masyarakat,” ujarnya.

Chairul mengatakan, program SRC sejalan dengan kebijakan Pemerintah dalam mendorong usaha menengah dan besar melakukan kemitraan dengan koperasi dan UMKM.

“Kami juga mengapresiasi seluruh peritel SRC, semoga komunitas ini dapat tetap solid, mandiri, dan sukses serta mampu berkembang menjadi toko kelontong modern masa kini,” katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya