Sandiaga Uno: Jika Tidak Berdigitalisasi Maka Akan Tereliminasi

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Sandiaga Uno saat memotivasi pelaku UMKM workshop kabupaten/kota kreatif (KaTa Kreatif) Indonesia 2023 di Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sabtu, 3 Juni 2023.
Sumber :
  • ANTARA

VIVA Bisnis – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Sandiaga Salahudin Uno menargetkan pada 2024 dapat menciptakan 4,4 juta lapangan kerja baru di Indonesia, guna mendorong perekonomian nasional.

Otorita IKN Dukung Pengembangan Ekosistem Startup di IKN

"Saya mengajak semua pihak membangun sinergi, menyelaraskan potensi di era digitalisasi, guna menciptakan lapangan kerja baru ini" kata Sandiaga Uno saat menghadiri workshop kabupaten/kota kreatif (KaTa Kreatif) Indonesia 2023 di Pangkalpinang, Bangka, Sabtu, 3 Juni 2023.

Ia mengatakan, saat ini banyak negara mengalami perlambatan ekonomi dan perekonomian Indonesia masih bisa tumbuh dan berkembang di tengah perekonomian dunia yang melambat.

Ekonomi Tumbuh 5,6% di 2024, Pemprov DKI Yakin Bisa Atasi Inflasi

Ilustrasi pekerja memasang tanda jaga jarak saat simulasi pembukaan dan peninjauan tempat hiburan bioskop. (Foto ilustrasi)

Photo :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

"Kita harus siap menghadapi tantangan ini dengan bersinergi, selaras menggali potensi di era digitalisasi ini. Jika tidak berdigitalisasi maka akan tereliminasi," ujarnya.

Indonesia Fashion Week (IFW) 2024 Resmi Digelar, 300 Desainer Bakal Angkat Budaya Betawi

Ia mengaku dulu saya adalah orang di PHK dan berusaha membangun usaha. Awalnya, dengan tiga orang karyawan dan sekarang sudah menjadi usaha nasional dan membuka lapangan kerja bagi 30 ribu karyawan di seluruh Indonesia.

Menurut dia kegiatan workshop kabupaten/kota kreatif di Kota Pangkalpinang merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mengembangkan usaha ekonomi kreatif untuk menciptakan lapangan kerja baru.

"Kita akan bersama-sama dengan pemerintah daerah untuk mengembangkan produk-produk ekonomi kreatif dan destinasi wisata daerah ini," katanya.

Pelatihan dan pengembangan UMKM berbasis digital (ilustrasi)

Photo :
  • Istimewa

Ia menyakini Kota Pangkalpinang merupakan Ibu Kota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini adalah kota yang menghasilkan kemajuan, karena jauh-jauh hari Pangkalpinang telah mengikuti proses uji petik sebagai kota kreatif bidang kuliner.

"Produk kuliner seperti kricu, otak-otak, dan lainnya adalah kekuatan bagi Kota Pangkalpinang untuk bersama-sama diunggulkan di tingkat nasional dan internasional," katanya. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya