Penerbangan Calon Jemaah Haji Kloter 4 Tertunda, Garuda Indonesia Minta Maaf

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra
Sumber :
  • Sherly (Tangerang)

VIVA Bisnis – Maskapai penerbangan pelat merah Garuda Indonesia menjelaskan terkait penyesuaian jadwal penerbangan dan kendala armada pesawat untuk penerbangan haji. Hal itu terjadi untuk kloter 4 calon jamaah haji pada penerbangan Garuda Indonesia dari embarkasi Banjarmasin.

Viral Seorang Pilot Lamar Pramugari di Dalam Sebuah Penerbangan

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengungkapkan, terjadi kendala teknis yang harus diselesaikan sehingga penerbangan tersebut terganggu.

“Dapat kami sampaikan bahwa penyesuaian jadwal penerbangan yang sedianya diberangkatkan pada dini hari tadi, Sabtu (3/6), dilakukan dikarenakan adanya kendala teknis pada mesin pesawat yang memerlukan penanganan lebih lanjut, khususnya terkait pergantian sparetpart pesawat,” ujar Irfan dikutip dari keterangannya, Senin 5 Juni 2023.

INACA Tak Setuju Iuran Pariwisata Masuk Dalam Komponen Tiket Pesawat, Ini Alasannya

Dia menjelaskan, kendala teknis tersebut diketahui setelah petugas Garuda Indonesia bersama tim terkait tengah melakukan inspeksi akhir kesiapan armada yang akan dioperasikan. Penerbangan itu menuju Madinah bagi kloter 4.

Garuda Indonesia.

Photo :
  • Dok. Garuda Indonesia
Masa RAFI 2024, Konsumsi Avtur Naik 10%

Menurutnya, atas kondisi tersebut telah dilakukan assessment dan mitigasi aspek operasional guna menunjang kelancaran layanan penerbangan bagi calon jamaah haji. Baik melalui pengoperasian pesawat pengganti, dan penambahan layanan penerbangan bagi jamaah yang terdampak penyesuaian armada.

“Penyesuaian jadwal penerbangan bagi kloter penerbangan selanjutnya, penatalaksanaan flow kedatangan calon jemaah haji hingga penerapan service recovery bagi calon jemaah haji yang terdampak.

“Berkenaan dengan penerapan mitigasi tersebut terdapat penyesuaian jadwal penerbangan yang telah kami koordinasikan lebih lanjut bersama pemangku kepentingan terkait guna memastikan kelancaran operasional penerbangan haji,” tambahnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, 328 calon jemaah haji kloter 4 asal embarkasi Banjarmasin tersebut diberangkatkan secara bertahap. Di mana 287 jemaah diberangkatkan pada hari ini, Sabtu pada pukul 22.00,  dengan menggunakan armada Airbus A330-400. Sementara sisa jemaah lainnya diberangkatkan dengan 2 penerbangan melalui Medan pada esok harinya, Minggu, 4 Juni 2023.

Irfan pun turut menyampaikan permohonan maaf sebesar besarnya atas ketidaknyamanan yang dialami. Garuda Indonesia menegaskan menyadari pelaksanaan ibadah haji Kali ini merupakan momentum yang telah ditunggu oleh masyarakat Indonesia.

Calon jemaah haji asal Sumatera Selatan

Photo :
  • Sadam Maulana (Palembang)

“Oleh karenanya kami berupaya memastikan kesiapan layanan terus kami optimalkan termasuk melalui penerapan inspeksi aspek safety secara menyeluruh guna memastikan aspek keselamatan penerbangan senantiasa terjaga,” tegasnya.

Dia pun menegaskan, hal ini tentunya menjadi catatan penting dalam upaya memaksimalkan kesiapan operasional penerbangan haji. Khususnya terkait potensi identifikasi dan penatalaksanaan safety hazard yang kami terus optimalkan pada operasional layanan penerbangan haji.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya