PUPR Pakai Busa Gantikan Timbunan Tanah Konstruksi Tol Cisumdawu, Kok Bisa?

Sejumlah truk melintasi proyek pembangunan Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Rabu, 8 Mei 2019.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

VIVA Bisnis – Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) di Jawa Barat, yang menghubungkan Bandung hingga Dawuan, ternyata menggunakan busa yang disebut geofoam sebagai material pengganti timbunan tanah di bagian badan jalannya.

Progres Pembangunan Tol Bayung Lencir-Tempino Seksi 1 Capai 83,85 Persen

Dalam postingan di laman Instagram @pupr_jalan_dkijabar, disebutkan bahwa Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) merupakan jalan tol pertama yang menerapkan teknologi geofoam di Indonesia.

Teknologi geofoam di Tol Cisumdawu ini dipastikan menjadi yang pertama digunakan, sebagai pengganti material timbunan tanah untuk badan jalan pada pembangunan jalan tol di Tanah Air.

BPBD Assessment Pergerakan Tanah di Purwakarta

Progres

Photo :
  • 1366363

"Jadi, teknologi geofoam ini dipakai sebagai material pengganti untuk timbunan tanah, dan sangat cocok untuk tanah yang labil. Bukan cuma bikin jalan tol lebih kuat, tapi juga cepat dalam proses pembangunannya," sebagaimana dikutip dari postingan @pupr_jalan_dkijabar, Selasa, 6 Juni 2023.

PT BMI Ajukan PK Kasus Sengketa Lahan ke MA, Minta Eksekusi Ditunda

Dalam unggahan tersebut, dijelaskan pula bahwa geofoam merupakan material ringan tahan air yang berbentuk balok besar, dan disusun seperti Lego serta dapat menahan beban di atasnya.

Busa

Photo :
  • 1486382

Material ini merupakan bahan inovatif yang digunakan untuk mengganti timbunan tanah di Tol Cisumdawu, di mana geofoam ini ditempatkan di lokasi yang tanahnya labil dan rawan pergerakan.

"Dia (geofoam) tuh benar-benar serbaguna. Tidak hanya untuk pondasi yang kuat, tapi juga mengurangi beban berlebih di tanah dasar. Makanya jalan tolnya jadi lebih stabil dan aman buat kita semua," tulis akun tersebut.

Teknologi geofoam ini adalah terobosan pertama di Indonesia, dan Jalan Tol Cisumdawu merupakan proyek jalan tol pertama yang berani mencobanya.

"Doakan lancar dalam pengaplikasiannya dan Tol Cisumdawu bisa segera operasional secara keseluruhan dari Bandung hingga Dawuan," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya