IHSG Diproyeksi Bergerak Mixed Disokong Ekspansi PMI Manufaktur RI, Intip Rekomendasi Saham

Ilustrasi papan saham IHSG.
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

Jakarta - Indeks harga saham gabungan atau IHSG melemah 9 poin atau 0,14 persen di level 6.610, pada pembukaan perdagangan Kamis, 8 Juni 2023.

Prudential Indonesia Bayarkan Klaim Asuransi 17 Triliun Selama 2023

Financial Expert Ajaib Sekuritas, Ratih Mustikoningsih, memprediksi bahwa IHSG bakal bergerak mixed pada perdagangan hari ini.

"Hari ini IHSG diprediksi bergerak mixed," kata Ratih dalam riset hariannya, Kamis, 8 Juni 2023.

Program Nasional K3 2024-2029 Diluncurkan, Menaker Ida Sebut Agar Maksimal Genjot Pembangunan

Dia menjelaskan, Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyatakan, ekspansi sektor manufaktur Indonesia tercermin pada tingkat penyerapan tenaga kerja yang pencapaiannya terbaik selama enam bulan terakhir, yaitu di level 50,6 pada Mei 2023.

Ilustrasi

Photo :
  • 1324920
Suku Bunga BI Naik Diproyeksi Topang Penguatan IHSG, Cek Saham-saham Berpotensi Cuan

"Sektor manufaktur Indonesia secara konsisten mengalami ekspansi dalam 21 bulan berturut-turut sampai Mei 2023, dengan mencatatkan Purchasing Managers Index (PMI) di level 50,3," ujar Ratih.

PMI manufaktur yang masih ekspansif dengan tingkat penyerapan tenaga kerja yang lebih baik ini, mencerminkan resiliensi Indonesia di tengah perlambatan ekonomi global yang masih berlanjut.

"IHSG diprediksi bergerak mixed dalam level 6.580-6.640," ujarnya.

Selain itu, Dia juga memberikan sejumlah rekomendasi mengenai saham-saham yang dapat dicermati pada perdagangan hari ini, diantaranya yakni ERAA,BSDE, CPIN.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya