Menteri Sandiaga Usul 24 Oktober Jadi Hari Ekonomi Kreatif

Menparekraf RI Sandiaga Uno
Sumber :
  • Dok. Istimewa

Jakarta –  Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengusulkan Hari Ekonomi Kreatif Nasional (Hekrafnas) diperingati secara nasional. usulan yang disampaikan adalah setiap tanggal 24 Oktober.

Harga Emas Hari Ini 25 April 2024: Produk Antam Melorot, Global Bervariasi

Menparekraf Sandiaga S Uno mengatakan, usulan ini dilakukan untuk merayakan ekonomi kreatif sehingga diharapkan mampu mendorong pertumbuhan dan perkembangan ekonomi kreatif secara berkelanjutan untuk menuju Indonesia Emas 2045.

"Hari Ekonomi Kreatif Nasional segera diusulkan bersama untuk diperingati setiap 24 Oktober," ujar Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno dalam keterangan resminya di Jakarta, Kamis, 8 Juni 2023.

Ada Konflik di Timur Tengah, Bos BI Pede Ekonomi RI Tetap Kuat

Sandiaga menjelaskan, hal ini sesuai dengan semangat yang disampaikan Presiden Joko Widodo dalam World Conference on Creative Economy (WCCE) di Bali beberapa waktu lalu, yang menyebut ekonomi kreatif adalah tulang punggung ekonomi dan masa depan bangsa Indonesia.

Menparekraf

Photo :
  • 1486093
8 Negara dengan Penurunan Tercepat di Asia

Dia juga berharap Hekrafnas menjadi ruang bersama para pelaku ekraf untuk berkolaborasi dan bersinergi dalam membangun ekosistem yang menghasilkan pertumbuhan ekonomi nasional.

Sementara itu, Sekretaris Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf Riwud Mujirahayu menambahkan, ekonomi kreatif menjadi salah satu sektor yang sangat penting dan menjadi tulang punggung dalam perekonomian Indonesia.

Menteri

Photo :
  • 1481673

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), pada 2020, kontribusi ekonomi kreatif terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia mencapai sekitar 7,4 persen dengan nilai sekitar Rp1.087 triliun. Selain itu, sektor ekonomi kreatif juga memberikan kontribusi besar terhadap penciptaan lapangan kerja, di mana pada tahun yang sama tercatat sekitar 17,6 juta orang bekerja di sektor ekonomi kreatif.

“Kekuatan ekonomi kreatif Indonesia berasal dari keanekaragaman budaya dan seni yang sangat kaya, sehingga menjadi salah satu keunggulan dalam mengembangkan sektor ekonomi kreatif,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya