Wamendag Usul Gelaran HBDI 2023 Kasih Diskon 78 Persen Sesuai HUT RI

Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag), Jerry Sambuaga.
Sumber :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya.

Jakarta - Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag), Jerry Sambuaga mendukung penyelenggaraan Hari Belanja Diskon Indonesia (HBDI) yang bakal digelar oleh Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) pada 14-27 Agustus 2023 mendatang.

Daftar Harga iPhone per 9 April 2024, Ada Diskon 40 Persen

Dia meyakini, animo masyarakat akan cukup besar dengan adanya acara yang mengusung tema hari belanja diskon ini, sehingga dia pun mengaku bangga atas inisiasi yang digarap oleh Hippindo tersebut. Bahkan, Jerry pun mengusulkan agar pada pelaksanaannya nanti, HBDI 2023 bisa menawarkan diskon hingga 78 persen mengikuti kemerdekaan RI yang tahun ini mencapai umur ke-78.

"Saya berharap diskonnya bisa sama dengan tahun kemerdekaan Indonesia, yakni mencapai 78 persen. Karena kalau kita bicara belanja diskon, minatnya pasti banyak. Jadi saya sangat bangga dan gembira dengan inisiasi semacam ini," kata Jerry di kantor Kemendag, Jakarta, Kamis, 8 Juni 2023.

Temuan Makanan dan Minuman Kadaluarsa dan Tak Berizin di Swalayan Jombang, Ini Kata Pj Bupati

Ilustrasi

Photo :
  • 468644

Setelah diberitahu bahwa diskon yang ditawarkan di ajang HBDI nanti hanya di kisaran 7,8 persen saja, Jerry pun bersikeras berharap bahwa diskon yang diberikan benar-benar bisa mencapai 78 persen. "Tapi saya usul, mungkin perlu ada gimmick-gimmick semacam ini. Misalnya mungkin harga produk yang di kisaran berapa, bisa dikasih diskon 78 persen. Setuju ya," ujarnya.

Cerita Penjual Ayam Kampung Kembangkan Usaha dengan Kredit Ultra Mikro dari AgenBRILink

Namun di sisi lain, Dia menegaskan kepada Hippindo yang bakal menggelar HBDI 2023 nanti, untuk jangan hanya memberikan diskon hanya kepada barang-barang dengan jumlah terbatas saja. Melainkan kepada banyak barang, yang juga bakal ikut menarik minat berbelanja masyarakat di momentum HBDI 2023 tersebut.

"Tapi kalau bisa jangan cuma limited items yang didiskon sampai 78 persen. Barang-barang yang bagus juga kalau bisa didiskon 78 persen, jangan cuma barang-barang yang murah yang dikasih diskon," kata Jerry.

Dia menegaskan, dengan adanya tawaran diskon sebesar 78 persen, maka hal itu diyakini akan mengundang animo masyarakat untuk berbelanja di momentum HBDI 2023. Hal itu juga berarti bahwa sektor UMKM akan banyak merasakan dampak positifnya, sehingga bisa terus berkembang dengan adanya gelaran semacam HBDI 2023 tersebut.

"Hal ini penting, karena dari data yang kami terima menunjukkan bahwa kontribusi signifikan dari sektor UMKM pada sektor ritel dan PDB kita mencapai 63 persen. Lalu pada sektor ketenagakerjaan kontribusinya mencapai 97 persen, dan yang paling besar jumlahnya mencapai 65 juta orang tenaga kerja. Jadi ini tidak main-main," ujarnya.

Saat dikonfirmasi mengenai usulan Wamendag Jerry soal diskon hingga 78 persen di HBDI 2023, Ketua Umum Hippindo, Budihardjo Iduansjah mengatakan, keputusan jumlah diskon itu ada di tangan masing-masing peritel. Yang terpenting, Hippindo hanya menyarankan angkanya ada di antara angka 7 atau 8, sesuai angka HUT RI ke-78 di tahun 2023 ini.

"Diskonnya macam-macam, tapi angkanya tujuh dan delapan, karena ulang tahun Indonesia ke-78. Jadi angka diskonnya bisa 78 persen, bisa juga Rp 78.000, bisa tujuh plus delapan, jadi itu bagaimana masing-masing anggota untuk improvisasi sendiri dalam memberikan diskon," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya