Waspada Krisis! Produktivitas Pangan Dunia Bakal Turun Hingga 30 Persen

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo
Sumber :
  • Dirjen Perkebunan

Padang – Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyebut jika ke depan produktivitas pangan dunia akan mengalami penurunan sebesar 30 persen. Vietnam misalnya, kini sudah mulai menerapkan pengetatan ekspor beras ke negara lain untuk mengamankan stok domestik.

Daftar Harga Pangan 25 April 2024: Bawang Merah hingga Daging Sapi Naik

"Ini menjadi sesuatu yang baik karena tantangan ke depan bukan hanya bagaimana kita harus menyediakan pangan, tapi harus menghadapi ancaman krisis pangan dunia," kata Syahrul Yasin Limpo, dikutip dari keterangan resminya, Sabtu 10 Juni 2023.

Mentan menegaskan, selama tiga tahun kepemimpinan dirinya Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) menunjukkan komitmen tinggi dalam membangun pertanian Indonesia.

Anak Buah SYL Video Call Bahas 'Orang KPK' dan 'Ketua': Siapin Dolar Nanti Kami Atur

"Rembug Utama KTNA yang merupakan rangkaian Pekan Nasional (PENAS) Petani Nelayan Indonesia ke-XVI di Padang membawa agenda penting. Workshop bersama Eselon I terkait Kementan yang hasilnya akan menjadi nota kesepahaman antara dua pihak," ujar Syahrul.

Menteri

Photo :
  • 1479023
Harga Eceran Tertinggi Beras Medium Dinaikkan Meski Panen Raya, Ini Rinciannya Per Wilayah

Sementara itu, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi, menjelaskan bahwa workshop yang dilakukan fokus kepada penanganan dan antisipasi kekeringan.

"Menurut prediksi BMKG, mulai Juni ini, kekeringan sudah dimulai. Jadi El Nino ini kemarau yang berkepanjangan dengan curah hujan yang lebih kering dari biasanya,"kata Dedi.

Karena itu, Dedi mengatakan Kementan bersama KTNA dan pemerintah daerah akan membuat komitmen bersama terkait pelaksanaan program penyelenggaraan pertanian di semua kabupaten dan kota.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya