Sebentar Lagi! Transfer, Tarik Tunai, dan Setor Bisa Pakai QRIS

Ilustrasi pembayaran QRIS
Sumber :
  • qris.id

JakartaBank Indonesia (BI) bakal merilis fitur baru Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) pada Agustus 2023 mendatang. Lewat fitur baru itu, nantinya bisa mengakomodir transaksi yang dilakukan seperti transfer, tarik tunai, dan setor tunai.

BI Catat Modal Asing Kabur dari RI Pekan Keempat April Capai Rp 2,47 Triliun

Deputi Gubernur BI, Filianingsih Hendarta mengatakan, fitur baru itu akan bernama QRIS Tuntas. Menurutnya, fitur QRIS ini sudah dipersiapkan sejak tahun 2021 dan pada tahun 2022 sudah dilakukan soft launching oleh Gubernur BI, Perry Warjiyo di Bali.

“QRIS tarik tunai, transfer dan setor namanya kita ganti QRIS tuntas, jadi kita sudah lakukan sejak tahun 2021, kemudian 2022 Pak Gubernur lakukan soft launching di Bali. Nanti, mudah-mudahan grand launching bisa kita lakukan di bulan Agustus sebagai ulang tahun kemerdekaan RI,” ujar Fili dalam konferensi pers di kantornya, Kamis, 22 Juni 2023.

BI Catat Penyaluran Kredit Baru Kuartal I-2024 Tumbuh Positif, Ada Tapinya

Deputi Gubernur BI, Filianingsih Hendarta.

Photo :
  • M Yudha P / VIVA.co.id

Fili mengungkapkan, untuk saat ini, sudah ada 16 merchant atau peserta piloting untuk mengimplementasikan QRIS tuntas. Pada fitur ini, jelasnya, akan ada tiga manfaat meningkatkan kualitas layanan dari sistem pembayaran digital.

Trade Minister: No Need to Worry about Weakening of Rupiah

Pertama, optimalisasi source of fund. Artinya sumber dana bisa digunakan bermacam-macam, bukan hanya simpanan tapi juga uang elektronik.

“Kedua meningkatkan interkoneksi dan interoperabilitas. Kenapa demikian? karena nanti bisa dilakukan tuntasnya, ini tiga fitur bisa dilakukan bank dengan bank, bank dengan non bank, dan non bank dengan non bank, jadi ini akan semakin terintegrasi,” jelasnya.

Ketiga, meningkatkan inklusi keuangan karena tarik tunai dan setor bisa dilakukan di wilayah Terdepan, Terluar, Terpencil (3T).

“Jadi nanti bisa memanfaatkan jangkauan dari merchant QRIS. Jadi kalau gak ada ATM gak apa-apa, gak ada bank gak apa-apa, sepanjang ada merchant QRIS, itu bisa dilakukan,” katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya