Menkeu: Akan Ada 52 Juta Lapangan Kerja Baru

Dirut Bank Mandiri, Agus Martowardojo
Sumber :
  • daylife.com

VIVAnews - Hasil kesepakatan pertemuan negara-negara anggota G20 sepakat untuk terus melanjutkan upaya pemulihan krisis global. Pemulihan ini diharapkan bisa menciptakan pertumbuhan yang berkualitas, dicirikan dengan sistem finansial yang kuat, berkelanjutan dan seimbang.

Menteri Keuangan Agus Martowardojo mengatakan, salah satu kontribusi nyata adalah semua negara G20 sepakat menciptakan lapangan kerja berkualitas dengan tambahan mencapai 52 juta lapangan kerja.
 
"Di situ didiskusikan dan dipuji, beberapa negara yang sudah mengumumkan inisiatif mereka sebelum pertemuan di Toronto, Kanada, kemarin," kata Agus dalam konferensi pers gabungan, antara Bank Indonesia dan Kementerian Keuangan, di Jakarta, Rabu 30 Juni 2010.

Dalam kesepakatan itu apa yang dibicarakan adalah bagaimana mengatasi defisit-defisit anggaran yang besar juga termasuk nominal utang masing-maisng negara.
 
Tak hanya itu negara juga melihat komitmen negara-negara Eropa yang melakukan stress test terhadap sistem keuangan negara di sana. Indonesia, ujar dia, termasuk negara yang menunggu hasil itu.
 
Karena ditakutkan dengan tingginya tingkat defisit dan utang di negara-negara Eropa, maka ada juga ketidakpercayaan antar bank satu sama lainnya. Sehingga ini tentu saja membuat pembiayaan antar bank tertahan dan bisa menjadi mahal yang bisa saja berefek ke negara lain terutama negara berkembang seperti Indonesia.
 
"Komitmen assesment ini dilakukan oleh pihak independen dan hasilnya nanti dipublikasikan, itu akan baik sekali," kata dia.
 
Agus mengatakan bagaimana ketika krisis global 2008 dimulai, pertemuan G20 dalam membahas pemulihan ini terus berlangsung.
 
Hasil assesment bahwa penyehatan terus berlaku diseluruh dunia. Pemulihan ini diperkirakan akan membawa maanfat ke seluruh dunia antara lain berupa peningkatan Produk Domestik Bruto meningkat sampai US$4 triliun.

Usulan Kejaksaan Izinkan Lima Smelter Perusahaan Timah Tetap Beroperasi Disorot

Bahkan, tak hanya 52 juta lapangan kerja yang akan terbentuk, tetapi lebih dari 92 juta penduduk miskin akan keluar dari angka kemiskinan.

Jemaah haji Indonesia mendengarkan khutbah Subuh jelang wukuf.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Menurut Direktur Bina Haji PHU Arsad Hidayat, jemaah haji diminta tidak asal membagikan informasi yang beredar di media sosial yang belum jelas kebenarannya.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024