Sri Mulyani Sebut Pembangunan Infrastruktur Kunci RI Keluar dari Negara Pendapatan Kelas Menengah

Sri Mulyani Rapat Kerja Dengan Komisi III DPR RI
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan, komponen penting untuk Indonesia bisa keluar dari middle income trap atau jebakan negara pendapatan kelas menengah. Dalam hal ini pembangunan infrastruktur menjadi komponen penting agar RI bisa keluar dari jebakan itu.

Sri Mulyani mengatakan, atas hal tersebut Pemerintah berusaha menciptakan pembangunan berkelanjutan mulai dari pusat hingga Pemerintah Daerah (Pemda). Itu dikatakannya saat menghadiri rangkaian G20, di Gujarat, India.

"Pembangunan infrastruktur merupakan komponen penting negara berkembang seperti Indonesia mampu keluar dari middle income trap, atau kondisi di mana suatu negara berpenghasilan menengah tidak bisa keluar menjadi negara maju," kata Sri Mulyani lewat Instagramnya @smindrawati dikutip Senin, 17 Juli 2023.

Sri Mulyani Prediksi Ekonomi RI Kuartal I-2024 Tumbuh 5,17 Persen

Ilustrasi pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Photo :
  • VIVA/Muhamad Solihin

Bendahara negara ini menjelaskan, Undang-Undang Hubungan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan Pemerintahan Daerah (HKPD) digunakan untuk mendukung Pemda meningkatkan infrastruktur publik.

"Sehingga meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah, menciptakan lapangan kerja, dan menurunkan ketimpangan sosial," ujarnya.

Kemudian jelas Sri Mulyani, Pemerintah Pusat juga memberikan akses kepada Pemda untuk mendapatkan pembiayaan infrastruktur daerah melalui pinjaman lunak BUMN. "Program ini berperan penting mendukung pertumbuhan ekonomi di masa pandemi, melalui public-private financing, hingga akses ke pasar modal melalui obligasi dan sukuk daerah," jelasnya.

Dia menuturkan, untuk memperkuat komitmen Indonesia, pada Presidensi G20 Indonesia tahun lalu. Pemerintah juga telah memperkenalkan ESG framework for infrastructure financing, yang menghasilkan umpan balik dan dukungan positif dari banyak mitra pembangunan.

"Terima kasih Menteri @nsitharaman atas kesempatan yang diberikan kepada para anggota untuk bisa berbagi dan belajar bersama membangun masa depan yang inklusif, tangguh, dan berkelanjutan," imbuhnya.

Sri Mulyani Proyeksi Ekonomi Global Tahun Ini Stagnan pada Level yang Rendah
Rupiah melemah terhadap dolar AS.

Rupiah Melemah, Sri Mulyani Beberkan Mata Uang Negara-negara G20 Kondisinya Senasib

Sri Mulyani mengatakan bahwa nasib serupa juga dialami oleh sederetan mata uang dari negara-negara lain, termasuk negara anggota G20.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024