Unilever Cetak Laba Bersih Rp 2,8 Triliun di Semester I-2023

Logo Unilever.
Sumber :
  • Unilever.co.uk

Jakarta – PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) berhasil membukukan laba bersih sebesar Rp 2,8 triliun, di sepanjang semester I-2023. Dengan margin kotor kuartal II-2023 yang kuat sebesar 50,5 persen. Itu menjadi capaian tertinggi dalam delapan kuartal terakhir.

Bukan Dibakar, Begini Cara Buktikan Keaslian Madu Murni

Presiden Direktur Unilever Indonesia, Ira Noviarti mengatakan, meskipun pihaknya meyakini kinerja perseroan akan tetap tumbuh positif hingga akhir 2023, namun memang ada sejumlah tantangan yang harus dihadapi oleh pihaknya.

Misalnya kenaikan inflasi yang turut membuat semakin tingginya biaya hidup, sehingga diperkirakan hal itu juga akan berdampak pada kebiasaan belanja konsumen

Bumi Resources Minerals Bukukan Pendapatan US$46,63 Juta pada 2023

"Kami memahami bahwa inflasi dan biaya hidup berdampak signifikan terhadap kebiasaan belanja konsumen, dan hal ini diperkirakan akan bertahan selama beberapa kuartal ke depan," kata Ira dalam telekonferensi, Senin, 24 Juli 2023.

Presiden Direktur Unilever Indonesia, Ira Noviarti.

Photo :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya/Tangkapan layar
Kenaikan Tarif Cukai Disarankan Moderat Menyesuaikan Inflasi agar Tidak Suburkan Rokok Ilegal

Namun, terlepas dari perlambatan konsumsi rumah tangga saat ini, Ira mngaku tetap memiliki optimisme terhadap pasar Fast Moving Consumer Goods (FMCG) Indonesia secara jangka panjang. Karenanya, UNVR terus beradaptasi untuk memastikan bahwa bisnis perseroan selalu kompetitif. 

"Upaya yang terintegrasi dalam mengimplementasikan lima prioritas strategis perseroan, terus menunjukkan peningkatan volume share dan profitabilitas," ujarnya.

Selama empat kuartal terakhir, perseroan juga telah melakukan intervensi harga untuk memastikan brand UNVR memiliki daya saing yang kuat. Namun, Ira menegaskan bahwa pihaknya masih berhasil melindungi margin Perseroan.

UNVR bahkan diakuinya juga telah meningkatkan pangsa volume di pasar pada semester I-2023, dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya. Hal itu dilakukan dengan dukungan dari kategori-kategori utama seperti Oral Care, Skine Cleansing, Soy Sauce, and Soup Stock, Dishwash, dan Fabric Cleaning

"Untuk memperkuat dan unlock potensi penuh dari brand-brand utama, UNVR memastikan menempatkan investasi yang kompetitif dalam mengomunikasikan brand kepada konsumen. Dalam hal ekspansi portofolio, UNVR berhasil meningkatkan kontribusi pada premium segment sebesar lebih dari 27 persen, dari penjualan domestik di kuartal II-2023," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya