Zulkifli, Insinyur ITB Yang Jadi Bos Mandiri

Direktur Bank Mandiri Zulkifli Zaini
Sumber :
  • Bank Mandiri

VIVAnews - Pemegang saham Bank Mandiri kemarin, 5 Juli 2010, akhirnya memilih Zulkifli Zaini sebagai direktur utama menggantikan Agus Martowardojo. Agus mengundurkan diri karena Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengangkat dia sebagai menteri keuangan pada 20 Mei lalu.

Dalam sebuah CEO Talk yang digelar Engineering Career Center UGM, Zulkifli menceritakan pilihannya, berkarir di dunia perbankan. Padahal, gelar S1 yang ia peroleh dari Jurusan Teknik Sipil. Jelas, pilihan karir ini sangat beda dengan latar belakang pendidikannya.

”Dalam dunia perbankan, latar belakang pendidikan tidak harus dari bidang ekonomi, karena ada Officer Development Program yang membekali calon karyawan,” kata Zulkifli kepada para peserta talk show, di Yogyakarta, 6 Maret 2010.

Menurut dia, selepas kuliah terdapat dua pilihan berkarir. Berkarir sebagai pegawai dan berkarir sebagai wirausaha yang semuanya ada konsekwensinya masing-masing.

Pria kelahiran 1956 ini menyelesaikan sarjana di Institut Teknologi Bandung pada 1980. Lalu, ia meraih gelar master of business administration (MBA) bidang keuangan dari Universitas Washington, AS, pada 1994. Ayah dua anak ini juga pernah bekerja di Wiratman and Associates pada 1980.

Sebelumnya ditetapkan menjadi Dirut Bank Mandiri, Zulkifli menjabat Direktur Commercial Banking Bank Mandiri. Posisi tersebut sudah dia emban sejak 2006 silam.

Selain itu, dia juga sudah menduduki berbagai jabatan strategis di bank BUMN tersebut. Dia pernah menduduki posisi team leader in credit risk management, vice president and division head of government relationship management, group head of retail risk management, juga senior executive vice president of distribution networks.

Zulkifli mengawali karier sebagai bankir mulai 1983 di Bapindo, salah satu bank BUMN yang turut melebur menjadi Bank Mandiri.

Polisi Tetapkan TikToker Galih Loss Jadi Tersangka Kasus Dugaan Penodaan Agama

Di Bapindo, sosok yang suka olahraga golf dan jalan-jalan ini sempat menempati sederet posisi. Antara lain account officer, staff of banking and finance services, head of project finance, deputy branch manager, dan terakhir branch manager.

Kini, Bank Mandiri adalah bank terbesar di Indonesia. Bahkan, di bawah Zulkifli, Mandiri akan melanjutkan ambisi menjadi bank papan atas di Asia Tenggara pada 2014 dan salah satu bank top pada 2020. (Dari berbagai sumber)

Presiden PKS: Kami Belum Dapat Pasangan Ajukan Hak Angket
Waketum Nasdem, Ahmad Ali di kediaman Prabowo di Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan, Selasa, 23 April 2024

Waketum Nasdem Temui Prabowo Subianto, Sinyal Gabung Koalisi Prabowo-Gibran Menguat?

Wakil Ketua Umum Partai Nasdem, Ahmad Ali menyambangi Presiden terpilih hasil Pilpres 2024 Prabowo Subianto di kediamannya di Jalan Kertanegara IV Jakarta Selatan, Selasa

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024