Sri Mulyani Buka-bukaan kenapa Minat Investasi Pembangunan Jalan Tol di Sumatera Kecil

Menteri Keuangan Sri Mulyani.
Sumber :
  • Youtube Kemenkeu

Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan, tantangan yang dihadapi Pemerintah untuk mengejar ketertinggalan infrastruktur. Menurutnya, investor lebih tertarik untuk berinvestasi pada proyek infrastruktur di Pulau Jawa dibandingkan di luar Jawa.

Rupiah Melemah, Sri Mulyani Beberkan Mata Uang Negara-negara G20 Kondisinya Senasib

Sri Mulyani mencontohkan, pada proyek jalan tol di Pulau Jawa lebih menarik bagi para investor. Sebab infrastruktur di Pulau Jawa relatif lebih matang.

“Itulah mengapa kita bisa menarik lebih banyak dan lebih mudah untuk sektor swasta,” kata Sri Mulyani dalam High Level Dialogue Promoting Sustainable Infrastructure Development, di Hotel Mulia, Jakarta, Kamis, 24 Agustus 2023.

Sri Mulyani Prediksi Ekonomi RI Kuartal I-2024 Tumbuh 5,17 Persen

Jalan Tol Trans Sumatera.

Photo :
  • Dokumentasi Hutama Karya.

Dia menuturkan, untuk minat investor di jalan daerah di luar Jawa lebih minim seperti pembangunan jalan Tol Trans Sumatera. Hal itu dikarenakan investor menilai bahwa tantangan fisik pada konstruksi jalan berbeda dari Pulau Jawa.

Sri Mulyani Proyeksi Ekonomi Global Tahun Ini Stagnan pada Level yang Rendah

Bendahara negara ini menuturkan, untuk mengejar ketertinggalan infrastruktur tersebut. Pemerintah melakukannya melalui pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN).

Meski demikian, jelas dia, pada pembangunan infrastruktur air juga cenderung mengalami hambatan. Itu dikarenakan membutuhkan partisipasi dari Pemerintah Daerah dan perusahaan air minum setempat.

"Hal ini juga ada hubungannya dengan tarif air, apakah akan menarik lebih banyak sektor swasta atau tidak," jelas dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya