Jadi Pusat Kedatangan Tamu VVIP KTT ASEAN, AP II Pastikan Tak Ganggu Operasional Bandara Soetta

Bandara Soetta. (ilustrasi)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Fauzan/hp.

Tangerang  –  PT Angkasa Pura II memastikan penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-43 ASEAN 2023 di Jakarta tidak memengaruhi operasional penerbangan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

DPR Tolak Iuran Pariwisata Dibebankan ke Industri Penerbangan, Tiket Pesawat Bisa Makin Mahal

Senior Manager of Branch Communication & Legal Badara Soekarno-Hatta, Holik Muardi mengatakan,  Bandara Soekarno-Hatta yang menjadi tempat atau pusat kedatangan kepala atau delegasi dari negara-negara anggota ASEAN itu telah menyiapkan sejumlah pengamanan khusus tingkat VVIP.

"Selama pelaksanaan KTT ASEAN, kita tidak menutup kegiatan operasional Bandara Soekarno-Hatta, memang kita lakukan teknikal operation. Jadi saat kepala negara delegasi datang, kita tidak menutup halnya treatment tamu VVIP seperti presiden dan wakil presiden," kata di Tangerang, Banten, dikutip Kamis 31 Agustus 2023.

Viral Seorang Pilot Lamar Pramugari di Dalam Sebuah Penerbangan

Bandara Soetta.

Photo :
  • Sherly/VIVA.

Sehingga, lanjut dia, kegiatan operasional penerbangan komersial di beberapa terminal penerbangan tidak terpengaruh.

INACA Tak Setuju Iuran Pariwisata Masuk Dalam Komponen Tiket Pesawat, Ini Alasannya

Ia juga menambahkan, sejauh ini pihaknya telah melakukan sosialisasi terhadap masing-masing maskapai terkait adanya keterlambatan saat mendarat maupun terbang dari dan tiba di Bandara Soekarno-Hatta tersebut.

"Secara jarak saat tiba nanti, akan diatur antar pimpinan negara sekitar 30 menit dengan maskapai komersial lain, tapi tidak dilakukan penutupan," jelasnya.

Pemudik di Bandara Soetta.

Photo :
  • VIVA.co.id/Sherly

Pihaknya juga mengaku, selama penyelenggaraan konferensi internasional itu pun telah menyadari akan adanya penumpukan penumpang.

Kendati, jajarannya tidak akan menutup runway 1, 2 dan 3 saat KTT ASEAN berlangsung. Namun nantinya bakal mengatur pola landing dan lepas landas.

"Untuk mengatur supaya tidak mengganggu operasional dan penumpukan yang parah di Bandara Soekarno-Hatta. Ini kita mitigasi, makanya beberapa kali pertemuan kami fokuskan di situ (penumpukan)," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya