Hunian di Sekitar Proyek Infrastruktur Bisa Datangkan Pendapatan Negara, Ini Penjelasannya

Direktur Utama BTN, Nixon L. P. Napitupulu
Sumber :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya

Jakarta- Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, Nixon LP Napitupulu, menyarankan agar pembangunan infrastruktur yang masif dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), dapat dimonetisasi dengan pembangunan proyek perumahan.

Hasto Sebut Banyak Pengurus PDIP Tolak Wacana Pertemuan Megawati dan Jokowi

Menurutnya, Presiden Jokowi sudah sangat banyak membangun infrastruktur seperti misalnya jalan tol, jalan raya, dan pelabuhan. Sehingga diperkirakan Indonesia akan mengalami booming infrastruktur dalam waktu 90 tahun lagi.

"Tapi yang perlu kita pikirkan ke depannya adalah bagaimana itu bisa kembali jadi 'income' buat negara. Gimana pembangunan itu bisa dimonetisasi?" kata Nixon dalam keterangannya, Kamis, 31 Agustus 2023.

Detik-detik Begal Taksi Online di Jakbar Gagal Gegara Portal Komplek Ditutup Semua

Ilustrasi gedung/perumahan

Photo :
  • Dok. Istimewa

Menurutnya, untuk bisa memonetisasi pembangunan infrastruktur supaya menghasilkan income untuk negara, solusinya adalah dengan memperbanyak pembangunan perumahan di sekitar proyek infrastruktur yang sudah terbangun.

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Nixon mengatakan, salah satu yang bisa mengembalikan pendapatan dari pembangunan infrastruktur itu adalah rumah. Karenanya, dia pun mencontohkan bahwa apabila di setiap ujung jalan tol ada kawasan perumahan, maka hal itu akan membuat trafik jalan tol tersebut naik.

"Kenapa jalan tol TB Simatupang itu macet banget? Karena di setiap ujungnya ada perumahan dan perkantoran. Jadi dia membuat trafik ekonominya hidup. Income-nya muncul buat negara," kata Nixon.

Dirut BTN Nixon LP Napitupulu.

Photo :
  • Dokumentasi BTN.

Dia menegaskan, perumahan adalah salah satu solusi untuk memonetisasi infrastruktur-infrastruktur yang banyak dibangun di era pemerintahan Presiden Jokowi. Sehingga, menurutnya Presiden Jokowi sudah sangat berjasa dalam membangun infrastruktur di Tanah Air.

"Tapi ke depannya kita harus memikirkan bagaimana infrastruktur ini bisa menimbulkan kenaikan income bagi negara. Salah satu nya adalah lewat pemukiman dan perumahan," kata Nixon.

"Kalau enggak, sayang ada jalan tol tapi enggak ada pemukiman. Kebayang kan? Sepi. Rumah is the one solution untuk memonetisasi pembangunan infrastruktur," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya