Pesawat PM Kanada Justin Trudeau Menginap di Bandara Kertajati

Pesawat kenegaraan Kanada yang membawa Perdana Menteri (PM) Justin Trudeau berada di Bandara Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.
Sumber :
  • Antara/F Rohman

Majalengka – Manajemen Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) menyatakan bahwa pesawat kenegaraan yang membawa Perdana Menteri (PM) Kanada Justin Trudeau dijadwalkan menginap (remain over night/RON) di Bandara Kertajati, Kabupaten Majalengka. Pesawat tersebut sudah berada di Bandara Kertajati dan menginap selama KTT Ke-43 ASEAN pada 5-7 September 2023.

DPR Tolak Iuran Pariwisata Dibebankan ke Industri Penerbangan, Tiket Pesawat Bisa Makin Mahal

Seperti dijelaskan Executive General Manager BIJB, Nuril Huda Mahmudan, pesawat kenegaraan itu tiba di Bandara Kertajati pada Selasa, 5 September 2023 pukul 14.12 WIB. Sebelumnya, pesawat tersebut telah menurunkan PM Justin Trudeau di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten.

"Sudah ada satu pesawat yang landing dan sudah parkir di Bandara Kertajati adalah pesawat PM Kanada," kata Nuril, di Majalengka, Jawa Barat, seperti dikutip dari Antara, Rabu, 6 September 2023.

INACA Tak Setuju Iuran Pariwisata Masuk Dalam Komponen Tiket Pesawat, Ini Alasannya

Justin Trudeau Bersama Putranya Xavier Trudeau

Photo :
  • Sekretariat Presiden

Sesuai rencana awal, pesawat berjenis Airbus 3-10 itu terparkir di Bandara Kertajati hingga tanggal 7 September 2023. Pesawat tersebut akan menjemput PM Kanada yang berangkat kembali ke negara asalnya pada tanggal yang sama pukul 06.50 WIB.

Masa RAFI 2024, Konsumsi Avtur Naik 10%

"Mereka balik lagi ke Jakarta untuk menjemput perdana menterinya dari Kertajati sekitar 06.50 WIB pagi tanggal 7 September. Karena mungkin sudah selesai sampai sana langsung terbang ke Kanada," ujar Nuril.

Dia melanjutkan bahwa sampai hari ini belum ada penambahan pesawat kenegaraan yang RON di Bandara Kertajati, namun pihaknya tetap melakukan konfirmasi ulang guna memastikan hal tersebut.

Mengingat dari informasi yang ia terima, direncanakan ada lima pesawat yang menginap di Bandara Kertajati, tetapi kemungkinan besar pesawat kenegaraan lainnya bakal RON di Bandara Soetta maupun bandara alternatif lainnya.

"Kemungkinan yang lainnya memang standby di Jakarta ataupun di bandara lainnya. Biasanya slotnya masih tersedia. Kemudian mereka tidak terlalu lama untuk kegiatannya. Jadi mungkin tidak sampai selesai acaranya," katanya pula.

Pembukaan KTT ASEAN ke-43

Photo :
  • gallery.asean

Sebagaimana tayangan langsung kedatangan pemimpin negara yang dipantau dari Media Center KTT ke-43 ASEAN di JCC, Jakarta, pesawat yang membawa Trudeau mendarat sekitar pukul 11.41 WIB.

Trudeau lalu keluar dari pintu pesawat sekitar pukul 11.55 WIB didampingi putra sulungnya Xavier Trudeau.

Trudeau hadir di KTT Ke-43 ASEAN untuk memperkuat dukungan kepada Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) dan Pandangan ASEAN terhadap Indo-Pasifik (ASEAN Outlook on the Indo-Pacific/AOIP) serta meluncurkan kemitraan strategis ASEAN-Kanada.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya