Injak Usia 54 Tahun, Elnusa Komitmen Terus Kembangkan Teknologi di Sektor Jasa Energi

Gedung Elnusa.
Sumber :
  • Dok. Elnusa

Jakarta – PT Elnusa Tbk (ELSA) telah genap berusia 54 tahun per 9 September 2023. Elnusa merupakan anak usaha PT Pertamina Hulu Energi (PHE) yang tergabung dalam Subholding Upstream Pertamina

6 Tips Membuat Hidup Lebih Tenang, Pikiran Lebih Relaks

Perjalanan Elnusa dimulai pada tahun 1969, saat PT Electronika Nusantara berdiri dan memasuki bidang Marine Electronic Services. Elnusa disebut memiliki DNA Resilience dan Inovasi yang terbukti mampu memperkuat fundamental bisnis, membawa inovasi dan memiliki visi sebagai perusahaan jasa energi terkemuka yang memberikan solusi total.

"Menghadapi tantangan yang akan datang, Elnusa terus bergerak maju mengembangkan teknologi tepat guna seperti Hydraulic Workover Unit (HWU) Drilling, High Inhibitive Water Base Mud (HIWBM), dan Cement Slurry Merah Putih. Segudang inovasi yang dihasilkan menunjukkan dedikasi Elnusa dalam memberikan solusi terbaik dalam jasa energi,“ kata Direktur Utama Elnusa, John Hisar Simamora lewat keterangan tertulis, Senin, 11 September 2023.

Peringati Hari Kartini, Peran Perempuan dalam Industri 4.0 Jadi Sorotan di Hannover Messe 2024

Elnusa

Photo :
  • www.elnusa.co.id

Ia melanjutkan, Elnusa juga melakukan inovasi bersama PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM) untuk melakukan penghematan biaya operasional seperti modifikasi HWU agar bisa digunakan untuk drilling di lima sumur lapangan Tunu, penggunaan wireline combo yang bisa memangkas biaya mobilisasi, penggunaan cement slurry merah putih yang menghasilkan bonding cement yang bagus dan penggunaan sand consolidation product dalam negeri.

Pertamina Patra Niaga Beberkan Upaya Pemerataan Energi Indonesia di Hannover Messe 2024

Elnusa, sambungnya, juga telah mengembangkan kompetensi dalam geoscience services, dari seismic darat hingga teknologi OBN Nodal pada seismic laut. Fasilitas liquid mud plant untuk pengeboran sumur migas non konvensional pertama di Indonesia juga menjadi pencapaian yang membanggakan.

Melalui layanan solusi total jasanya, Elnusa terus mendukung pemerintah dalam peningkatan produksi migas seperti penerapan jasa Seismic Vibroseis di berbagai wilayah, termasuk menggunakan Vibroseis untuk Enhance Oil Recovery (EOR) di Wilayah Kerja Rokan bekerja sama dengan Research & Technology Innovation PT Pertamina (Persero) dan saat ini masih dalam uji coba penerapan teknologi. 

Pada lini bisnis Engineering, Procurement, Construction & Operation Maintenance (EPC-OM), Elnusa siap mendukung pekerjaan mulai dari front end engineering, engineering desain, pengadaan barang, konstruksi hingga project management, yang pada akhirnya berjalan sesuai target.

Tidak hanya itu, dari sisi hilir pada jasa distribusi & logistik, Elnusa berkomitmen untuk memastikan distribusi energi yang efisien dan handal di seluruh Indonesia mulai dari manajemen integrated TBBM, manajemen transportasi BBM, manajemen DEPO serta bisnis chemical.

Ia melanjutkan, pencapaian tersebut membawa Elnusa ke masa depan yang lebih unggul, dengan prestasi gemilang dan membuktikan dirinya sebagai kekuatan yang tak bisa diabaikan di sektor migas.

Untuk mendukung capaian tersebut, Elnusa terus bergeliat melakukan investasi belanja modal dengan menambah armada Mobil Tangki yang merupakan salah satu core bisnis pada jasa distribusi & logistik energi. Selain itu, untuk meningkatkan kapasitas bisnis hulu, Elnusa juga melakukan investasi dengan menambah Aset Accomodation Work Barge Offshore

"Investasi tersebut sejalan dengan program Pemerintah Indonesia dalam menetapkan sasaran mempercepat realisasi target 1 Juta Barel Minyak dan 12 BSCFD Gas demi ketahanan energi nasional masa depan," katanya.

Pada periode 2022 hingga saat ini, Elnusa mendapatkan lebih dari 45 penghargaan dari berbagai kategori di tingkat nasional dan internasional. 

Atas deretan penghargaan tersebut, yang cukup bergengsi adalah penghargaan Dharma Karya Muda dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk keberhasilan Elnusa pada Bussines Unit Cementing Services pada inovasi cement Slurry merah putih dalam mendukung pengeboran di sumur shallow gas Blok Mahakam yang dikelola Subholding Upstream Pertamina Regional 3 Zona 8 PT Pertamina Hulu Mahakam. Capaian itu disebut merupakan berkat kerja keras serta sinergi dari seluruh Perwira Elnusa dalam melaksanakan pekerjaannya.

“Elnusa akan melangkah lebih jauh dengan ekspansi ke sektor non-migas services, energi baru terbarukan, dan turut serta dalam pengembangan ekosistem Electric Vehicle. Elnusa siap merespons masa depan yang berkelanjutan dengan menciptakan peluang-peluang baru tersebut,” Ucap John.

“Di ulang tahun yang ke-54 ini, Elnusa merayakan perjalanan menuju keunggulan. Dari langkah awal hingga pencapaian terkini, Elnusa terus mendukung ketahanan energi nasional. Bersama-sama, kita merayakan inspirasi, semangat, dan optimisme dalam menghadapi masa depan yang penuh potensi. Elnusa! New Journey For Excellence!,” tutup John.

Seperti diketahui, Elnusa memiliki kompetensi inti pada jasa hulu migas, jasa distribusi dan logistik energi dan jasa penunjang. Lini jasa hulu migas meliputi jasa Geoscience & Reservoir (land, transition zone & marine serta data processing), jasa pengeboran & pemeliharaan lapangan migas (drilling & workover), jasa engineering, procurement, construction & operation maintenance (EPC-OM). 

Lini jasa distribusi dan logistik energi meliputi jasa transportasi BBM, pengelolaan depot, hingga penjualan chemical. Lini jasa penunjang meliputi jasa marine support, fabrikasi, hingga manajemen data. 

Saat ini, Elnusa melayani perusahaan migas nasional maupun internasional, antara lain Pertamina Group, British Petroleum, Conoco Phillips, Soco Exploration (Vietnam) Ltd dan lain-lain. Elnusa terdaftar pada Bursa Efek Indonesia dengan kode emiten ‘ELSA’ serta memiliki lima anak perusahaan yang mendukung kompetensinya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya