Asyik, Warga RI Bisa Belanja di Singapura Pakai QRIS Mulai November

Transaksi QRIS di toko Kelontong.
Sumber :
  • Dumentasi SRCI.

Jakarta - Wisatawan RI yang akan melancong ke Singapura sebentar lagi bisa melakukan transaksi melalui Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS). Sebab, Bank Indonesia (BI) mulai November 2023 bakal mengimplementasikan QRIS di negara tersebut.

BI Catat Penyaluran Kredit Baru Kuartal I-2024 Tumbuh Positif, Ada Tapinya

Adapun saat ini QRIS baru saja diterapkan di dua negara, yakni Thailand dan Malaysia. Dan, sebentar lagi warga RI cukup membawa telepon genggam untuk berbelanja di Singapura.

"Dengan Singapura, QRIS insya Allah November akan diimplementasikan. Jadi, ke mana-mana, kawan-kawan tinggal bawa HP bisa menggunakan QRIS untuk berbagai transaksi retail," kata Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo dalam konferensi pers di kantornya Kamis, 19 Oktober.

Trade Minister: No Need to Worry about Weakening of Rupiah

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo.

Photo :
  • M Yudha P / VIVA.co.id

Sementara, Deputi Gubernur BI Filianingsih Hendarta mengatakan setelah Singapura pihaknya menargetkan implementasi QRIS di negara Jepang, India, Korea Selatan, dan China.

Singapura Siap Sambut Kembali Wisatawan! STB dan GDP Venture Perbarui Kemitraan

"Mudah-mudahan di November kita dengan Singapura, dan berikutnya nanti dengan Jepang maupun India dan Korea Selatan, mungkin dengan China juga. Teman-temen kalau pergi ke tiga negara itu tinggal scan yang penting ada saldonya di HP-nya," jelasnya.

Fili menuturkan, untuk nilai transaksi QRIS di Malaysia dan Thailand tercatat terus mengalami peningkatan. Dalam hal ini transaksi terbanyak terjadi di tempat destinasi dan kawasan bisnis.

"QRIS cross border transaksinya terus meningkat utamanya dengan Malaysia dan Thailand, dua-duanya meningkat baik inbound maupun oubound. Inbound artinya turis Thailand yang ke Indonesia, outbound Indonesia yang ke Thailand," ujarnya.

"Ini terutama terjadi transaksinya di destinasi wisata dan daerah-daerah bisnis. Jadi di Jakarta, Bali, Jawa Timur, Jawa Barat. Kalau Malaysia Jawa Barat tinggi, turis Malaysia datang belanja dan mereka sudah pakai QRIS," tuturnya.

Ilustrasi pembayaran QRIS

Photo :
  • qris.id

Untuk nominal transaksi QRIS kuartal III-2023 tercatat tumbuh 87,90 persen secara year on year (yoy), dengan nilai mencapai Rp56,92 triliun.

Jumlah pengguna QRIS tercatat sebesar 41,84 juta dan jumlah merchant 29,04 juta di mana sebagian besar merupakan UMKM.

Sebelumnya, Bank Indonesia pada Kamis, 17 Agustus 2023 resmi melakukan uji coba penggunaan QRIS di Singapura. 

"Setelah berhasil mengimplementasikan dengan Thailand dan Malaysia, mulai hari ini kita uji coba (QRIS) antara Indonesia dengan Singapura," kata Perry di kantornya, Kamis, 17 Agustus 2023.

Untuk uji coba layanan QRIS itu, dilakukan antara BI dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) bersama dengan Otoritas Moneter Singapura, dan NETS Singapura.

"Kita sudah sepakat antara BI dan Monetary of Singapore untuk kita lakukan inisiasi, untuk kita lakukan uji coba. Sehingga ini juga akan menyasar UMKM serta mendorong pertumbuhan pariwisata," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya