Kementan Ungkap Biang Kerok Harga Cabai Melonjak

Harga cabai naik di pasar tradisional.
Sumber :
  • VIVA/Adi Suparman.

Jakarta - Harga komoditas cabai terpantau mengalami kenaikan harga dalam beberapa waktu terakhir. Berdasarkan panel harga pangan Senin, 30 Oktober 2023, harga cabai merah keriting naik Rp 1.820 menjadi Rp 50.200 dan cabai rawit merah naik Rp 1.400 menjadi Rp 64.750 per kg.

Disidang Etik Dewas KPK pada 2 Mei Terkait Mutasi Pegawai Kementan, Nurul Ghufron: Kita Hormati

Direktur Jenderal (Dirjen) Hortikultura, Prihasto Setyanto mengatakan, kenaikan harga cabai itu karena produksi yang turun akibat fenomena El Nino.

"Ya biasa lah kan sekarang produksi agak turun karena El Nino ini agak panjang kan kemaraunya. Kalau kemarau agak panjang ya biasa lah, semuanya akan mengalami seperti itu," kata Prihasto di Gedung F Kementan, Jakarta, Senin, 30 Oktober 2023.

Daftar Harga Pangan 25 April 2024: Bawang Merah hingga Daging Sapi Naik

Foto udara sawah yang mengering akibat musim kemarau di Kampung Sukamanah, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat

Photo :
  • ANTARA FOTO/Adeng Bustomi

Namun, Prihasto mengatakan bahwa sebentar lagi produksi cabai akan kembali meningkat. Hal itu dipicu oleh musim hujan. "Tapi sebentar lag akan mengalami kenaikan. Ya kalau hujan mulai turun, orang nanam cabai mulai banyak," terangnya.

Anak Buah SYL Video Call Bahas 'Orang KPK' dan 'Ketua': Siapin Dolar Nanti Kami Atur

Dia menuturkan, berdasarkan perkiraan Kementan untuk produksi cabai pada tahun ini akan mengalami surplus secara tahunan.

"Prognosa kita kemarin sudah saya sampaikan di rapat pimpinan bahwa produksi kita tahunan kita surplus untuk cabai, cuma bulanan nya agak berfluktuasi. Kadang produksi tinggi, kadang agak turun, itu karena musim," jelasnya.

Prihasto melanjutkan, penurunan produksi akibat kemarau panjang ini, hampir terjadi di seluruh wilayah Indonesia.

"Hampir rata-rata semuanya (wilayah) mengalami penurunan produksi karena kemarau yang panjang. Tapi mudah-mudahan kita dorong, sekarang kita dorong," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya