Maraton Groundbreaking Proyek Fasilitas Umum di IKN, Jokowi Jawab Kekhawatiran ASN

Presiden Jokowi resmikan groundbreaking Revitalisasi SDN 020 Sepaku di IKN
Sumber :
  • Dok. Istimewa

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta, kepada para Aparatur Sipil Negara (ASN) yang pindah ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, tak khawatir terkait fasilitas di bakal calon ibukota baru itu.

Sri Mulyani Ungkap Pembangunan IKN Sudah Sedot APBN Rp 4,3 Triliun

Sebab, Jokowi mengatakan bahwa dia kerap kali mendapatkan pertanyaan dari ASN soal fasilitas kesehatan, pendidikan, hingga perbelanjaan di IKN.

"Selalu ASN yang ingin kita pindahkan selalu ditanyakan, 'Pak kalau anak kita nanti sakit ada rumah sakit yang ndak?' Sekarang saya bisa jawab, ada. Empat dalam proses pembangunan," tegas Jokowi dalam tayangan Youtube Sekretariat Presiden Kamis, 2 November.

Dua Mobil Premium BMW Bakal Layani Antar Jemput Pasien RS

Jokowi juga memastikan, terkait fasilitas pendidikan yang kerap kali ditanyakan oleh para ASN, akan tersedia di IKN. Bahkan, fasilitas pendidikan yang akan dibangun ini berkualitas bagus.

Groundbreaking Gedung Bank Indonesia di IKN Nusantara.

Photo :
  • Anisa Aulia/VIVA.
Bakal Hijrah ke IKN, Presiden Prabowo dan Wapres Gibran Pakai Mobil Dinas Listrik?

"Kemarin juga sudah melakukan batu pertama yaitu JIS tapi di sini ganti namanya NIS. Jadi Jakarta Intercultural School, di sini menjadi Nusantara Intercultural School. Jadi Bapak Ibu kalau mau pindah sudah ada sekolahnya," jelasnya.

Presiden Joko Widodo (kedua kiri) didampingi Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (pertama kiri), Direktur Utama RS Hermina dr. Hasmoro (ketiga kiri) dan Kepala Otorita IKN Bambang Susantono (kanan) meresmikan peletakan batu pertama proyek RS Hermina Nu

Photo :
  • Antara

Selain itu, Jokowi mengatakan bahwa Pemerintah juga akan membangun TK, SD, hingga SMA di IKN. Pun, terkait fasilitas perbelanjaan juga akan dibangun mal.

"Pak kalau belanja-belanja dimana Pak, enggak ada malnya adanya di pohon-pohon. Mal juga sudah ada, groundbreaking dua mal besar yang segera juga akan di bangun," terangnya.

Selain itu, Jokowi mengatakan bahwa juga sudah dibangun training center untuk sepak bola. Pembangunan itu ditargetkan rampung pada Mei 2024.

Jokowi groundbreaking mal hotel dan apartemen di IKN.

Photo :
  • Antara.

"Terus kalau anak saya pengen sepak bola? Ada juga training center-nya PSSI yang sudah mulai bulan yang lalu, Pak Erik sudah dapat transfer dari FIFA," ujarnya.

"Dan kita diharapkan nanti bulan April atau maksimal Mei, delapan lapangan bola untuk training center PSSI sudah akan selesai," tambahnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya