Berlaku Mulai Hari Ini, Beli Tiket Ferry di Pelabuhan Tanjung Kalian Bisa Online

Loket tiket penyeberangan ASDP.
Sumber :
  • Dokumentasi ASDP.

Bangka – PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) resmi menerapkan sistem e-ticketing di Pelabuhan Tanjung Kalian, Muntok, Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung, pada hari ini, Jumat, 3 November 2023.

BI Catat Penyaluran Kredit Baru Kuartal I-2024 Tumbuh Positif, Ada Tapinya

Corporate Secretary ASDP, Shelvy Arifin mengatakan, transformasi digitalisasi tidak hanya sebagai bentuk kepatuhan hukum ASDP, tapi juga bertujuan untuk mendukung pengembangan ekonomi daerah melalui layanan logistik dan tujuan wisata pilihan. 

"Sesuai dengan kesepakatan ASDP bersama dengan seluruh mitra penyeberangan, pembenahan tata kelola angkutan penyeberangan berkaitan dengan dukungan kelancaran arus logistik antarwilayah," kata Shelvy dalam keterangannya, Jumat, 3 November 2023.

Laba Bersih Bank Jago Naik 24 Persen Kuartal I-2024, Intip Sumber Cuannya

Tidak hanya itu, Shelvy menambahkan bahwa apabila proses digitalisasi ini sudah dijalankan, maka hal itu akan dapat meningkatkan akurasi data manifest, manajemen operasional & pelayanan pelabuhan penyeberangan, penertiban praktik liar di sekitar pelabuhan, manajemen keselamatan, optimalisasi fungsi pengawasan penyeberangan, penanganan kendaraan yang membawa barang berbahaya, dan lain sebagainya.

Pembelian tiket kapal ASDP online

Photo :
  • VIVAnews / Yandi Deslatama (Serang)
BRI Targetkan Pengguna BRImo Tembus 36 Juta di Akhir 2024

Dia mengakui, sistem go show atau pembelian tiket di pelabuhan, nyatanya masih memungkinkan terjadinya penumpukan/antrean di pelabuhan. Bahkan, hal itu dapat membuat pelanggan yang sudah datang dari jauh harus rela kehabisan tiket.

"Sehingga diperlukan langkah percepatan implementasi Ferizy, agar pengguna jasa merasa lebih nyaman, aman, dan juga memitigasi potensi penyimpangan yang terjadi di area pelabuhan penyeberangan," ujarnya.

Karenanya, setelah 17 pelabuhan terdigitalisasi, pada November ini Pelabuhan Tanjung Kalian adalah pelabuhan selanjutnya yang akan menerapkan sistem pembelian tiket melalui reservasi online pada Ferizy

"Sejak 2020, ASDP secara konsisten menambah jumlah pelabuhan yang menerapkan Ferizy. Data tercatat, hingga akhir Oktober 2022, sudah 17 pelabuhan yang menggunakan e-ticketing, dan November ini akan diterapkan di Pelabuhan Tanjung Kalian," ujarnya.

Ilustrasi Kapal Roro Baru Milik ASDP

Photo :

Sebagai informasi, reservasi online ini akan diterapkan di lintasan Tanjung Kalian – Tanjung Api-api, dengan beragam metode pembayaran seperti virtual account Bank BRI, Mandiri, BNI, BCA, Permata Bank, Maybank, BSI, Danamon, CIMB Niaga, BTPN, Bank Maspion, BTN, dan Pospay.

Pembayaran juga dapat dilakukan melalui e-wallet linkAja, shopee pay, blu BCA digital, OVO, dan Dana. Dengan beragam pilihan metode pembayaran, pengguna jasa akan lebih leluasa dalam melakukan pembayaran sesuai dengan bank atau pun e-wallet yang dimiliki.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya